03 May 2021, 16:12 WIB

Tangis Haris Ubaidillah Minta Maaf kepada Rizieq saat Sidang


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

MANTAN petinggi Front Pembela Islam (FPI) Haris Ubaidillah tak kuat menahan tangis saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur atas terdakwa Muhammad Rizieq Shihab (MRS) dalam perkara kerumunan di Petamburan. Diketahui, Haris merupakan ketua panitia pelaksana Maulid Nabi Muhammad SAW serta acara pernikahan putri Rizieq Shihab yang digelar di kediaman eks Pentolan FPI di Petamburan tersebut.

Tak hanya menjadi saksi, Haris juga turut menjadi terdakwa atas perkara kasus kerumunan yang melanggar prokes itu. Haris terlihat menangis saat menjelaskan terkait pelaksanaan acara pernikahan Najwa Shihab yang merupakan putri Rizieq Shihab.

Awalnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menanyai Haris terkait acara pernikahan putri Rizieq. Tak dinyana, saat merespons pertanyaan jaksa, Haris langsung menyatakan permohonan maaf kepada Rizieq dan menyesal.

Ia mengaku tak enak hati karena mengusulkan acara pernikahan yang seharusnya terbatas itu harus digabung dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada 14 November 2020.

 

"Acara ini adalah acara peringatan baginda Nabi Muhammad SAW. Habib saya mohon maaf Habib (sambil menangis). Beliau mengatakan pada saat rapat Kiai Shabri (Mantan Ketum FPI) mengatakan bahwasanya Habib Rizieq akan melaksanakan pernikahan secara terbatas," paparnya.

"Tapi saat itu kami mewakili panitia mengusulkan bagaimana kalau akad nikahnya saja seperti biasa dilakukan pada saat peringatan Maulid," tambahnya. Ia mengatakan Ketua Umum FPI saat itu Shabri Lubis tidak memberikan respons apapun saat Haris mengusulkan rencana tersebut.

Shabri memilih untuk menunggu konfirmasi dari Rizieq Shihab. Haris mengatakan, usulan tersebut lantas disetujui oleh Rizieq, namun dengan catatan, pelaksanaan itu harus dilakukan dengan protokol kesehatan.

"Saya bingung mengatakan apakah saya ini harus mengucapkan syukur atau saya harus mengucapkan istighfar, karena Habib saat menyetujui dengan catatan menerapkan protokol kesehatan, akhirnya akad nikah jadi dilaksanakan di panggung peringatan Maulid," tuturnya.

Haris mengaku sebagai ketua panitia bakal bertanggung jawab atas kondisi massa yang hadir. Dia juga mengatakan terus memberikan imbauan kepada warga yang datang untuk menerapkan protokol kesehatan. (OL-14)

BERITA TERKAIT