28 April 2021, 16:42 WIB

Presiden Lantik Dua Menteri dan Kepala BRIN


Andhika Prasetyo |

PRESIDEN Joko Widodo melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi. Berikut, Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Pelantikan yang berlangsung di Istana Negara Jakarta, didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 72P Tahun 2021 tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian serta Pengangkatan Beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Bahlil dan Nadiem pun mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu langsung oleh Kepala Negara. "Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia pada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," ujar Jokowi, sapaan akrabnya, diikuti dua menteri yang baru dilantik.

Baca juga: Presiden Minta Perhatikan Isu HAM Saat Tumpas KKB

"Serta, akan menalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya, dalam menjalnakan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan. Bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," lanjut sumpah jabatan tersebut.

Selain melantik Bahlil dan Nadiem, Presiden juga mengangkat Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN). Sebelumnya, Laksana menduduki jabatan Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).(OL-11)
 

 

 

BERITA TERKAIT