24 April 2021, 13:37 WIB

Nadiem Temui Megawati Saat Isu Reshuffle, Ini Penjelasan PDIP


Indriyani Astuti | Politik dan Hukum

POLITIKUS PDIP Putra Nababan mengungkapkan alasan pertemuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Teuku Umar pada Selasa (20/4) lalu.

Banyak pihak yang mengaitkan pertemuan Nadiem terkait isu reshuffle, yang menguat setelah Presiden Joko Widodo memutuskan perubahan nomenklatur Kementerian Riset dan Teknologi. Putra menyebut pertemuan Megawati dengan Nadiem lebih banyak membahas persoalan ideologi.

Mengingat, posisi Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). "Juga ada keinginan untuk revisi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional," ujar Putra dalam diskusi virtual, Sabtu (24/4).

Baca juga: Terancam Reshuffle, Moeldoko Bungkam

Terkait reshuffle Kabinet Indonesia Maju, lanjut Putra, Megawati sebagai sosok yang pernah menjadi Presiden RI, memahami kewenangan dan hak prerogatif Presiden Joko Widodo. Sehingga, keputusan reshuffle ada di tangan Kepala Negara.

Adapun pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Megawati beberapa waktu lalu, seperti yang diungkapkan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristianto, Putra menekankan bahwa keduanya membahas sejumlah isu strategis dan fundamental, yang juga menjadi hal rutin.

"Suatu rutinitas yang dilakukan beliau berdua. Mendiskusikan hal-hal strategis dan fundamental," pungkas Putra.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT