20 April 2021, 16:38 WIB

DPR belum Dapat Info Resmi Soal Reshuffle Kabinet


Putra Ananda |

HINGGA saat ini, DPR RI belum menerima surat dari Presiden Joko Widodo terkait informasi reshuffle kabinet. Seperti diutarakan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, yang mengaku belum mengetahui siapa saja nama yang akan masuk Kabinet Indonesia Maju.

"Belum ada surat yang masuk dari Presiden ke DPR," ungkap Azis di Kompleks Parlemen, Selasa (20/4).

Akan tetapi, Azis meyakini bahwa Kepala Negara sudah mengantongi nama menteri baru yang akan segera diinfomasikan kepada parlemen. Termasuk, nama yang akan mengisi nomenklatur kementerian baru hasil peleburan Kemendikbud dengan Kemenrsitek.

Baca juga: Pratikno-Pramono: Reshuffle Bukan Besok

"Sudah ada bahan, sudah ada literatur. Masukan-masukan yang diterima. Kita sebagai lembaga legislatif menghormati apa pun keputusan yang diambil Bapak Presiden," imbuh Azis.

Beragam spekulasi terkait nama menteri baru muncul di tengah publik jelang reshuffle kabinet. Salah satu nama yang cukup santer dikabarkan mengisi jabatan Menteri Investasi, yakni politisi NasDem Rapsel Ali. Adapun Rapsel Ali merupakan menantu Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Baca juga: Saat Isu Reshuffle, Politikus Nasdem Akui Menghadap Presiden

Menanggapi spekulasi tersebut, Wakil Ketua Komisi VI dari Fraksi Partai NasDem Martin Manurung menyebut reshuffle sepenuhnya hak prerogatif Presiden. Sebagai partai pendukung pemerintah, NasDem menyerahkan keputusan perombakan kabinet kepada Kepala Negara.

"NasDem kan selalu tidak mau mencampuri hal-hal seperti itu. Kita dukung saja pemerintah," pungkas Martin.(OL-11)
 

 

BERITA TERKAIT