18 April 2021, 14:06 WIB

Polri Kejar Paul Zhang yang Mengaku Nabi


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

POLRI menyatakan tengah menyelidiki adanya video pria bernama Jozeph Paul Zhang yang mengaku sebagai nabi ke-26.

Pasalnya, perbuatan pria itu pun menuai kecaman dan disebut sebagai bentuk penistaan agama terhadap agama Islam. 

"Sudah dilidik," ucap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Sabtu (17/4).

Adapun Kabareskrim Mabes Polri Komjen Agus Andrianto mengatakan, Jozeph Paul Zhang mengetahui, banyak warga Indonesia yang mudah marah sehingga membuat konten video yang memancing emosi masyarakat.

"Dia tahu akhir-akhir ini banyak warga Indonesia gampang sekali marah. Ngomong seperti di video yang viral. Semoga hari kemarin enggak banyak yang batal puasanya," kata Agus.

Agus menyatakan Jozeph Paul Zhang tidak berada di Indonesia. Berdasarkan data perlintasan Imigrasi, Jozeph Paul Zhang telah meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018. Namun, lanjut Agus, hal itu tidak menghalangi pihaknya untuk melakukan penyelidikan terkait dengan dugaan penistaan agama tersebut.

"Kami berkoordinasi dengan Imigrasi dengan baik. Data yang bersangkutan (Jozeph Paul Zhang) meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018 dan tercatat belum kembali," kata Agus.

Selain itu, Husin Shahab melaporkan pemilik akun Youtube Joseph Paul Zhang yang mengaku sebagai nabi ke-26 dalam videonya.

Husin lalu membuat laporan ke Bareskrim Polri dengan nomor: LP/B/0253/IV/2021/BARESKRIM, Husin melapor ke Bareskrim pada 17 April 2021.

Husin melaporkan bahwa Joseph diduga melakukan ujaran kebencian (hate speech), serta penistaan agama di dalam konten videonya.

Atas perbuatannya, Joseph pun diduga melanggar Tindak Pidana Ujaran Kebencian Pasal 45A Ayat (2) Jo Pasal 28 Ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Sebelumnya, seorang pria bernama Jozeph Paul Zhang mengaku sebagai nabi ke-26 di media sosial.

Tak hanya mengaku sebagai nabi, Joseph membuat sayembara bagi siapa pun yang bisa melaporkannya melakukan penistaan agama.

Ia membuat video dalam forum diskusi zoom. Kemudian, menggunggahnya ke akun channel Youtube miliknya, Jozeph Paul Zhang dengan tema "Puasa Lalim Islam" dengan tema "Puasa Lalim Islam" dengan durasi video 3 jam 2 menit. (Ant/OL-8)

 

BERITA TERKAIT