12 April 2021, 15:17 WIB

Ini Kronologi Helikopter Dibakar KKB di Apron Bandara Ilaga Papua


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

SEBUAH helikopter dibakar oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) saat parkir di Apron Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak, Minggu (11/4) malam kemarin.

"Iya benar (peristiwa pembakaran itu). Helikopter rusak," tutur Kepala Humas Satgas Nemangkawi, Kombes Iqbal Alqudusy saat dikonfirmasi, Senin (12/4).

Adapun kronologis peristiwa pembakaran itu terjadi di atas pukul 20.20 WIT. Helikopter milik PT Ersa Eastern Aviation yang diparkir di Bandara Udara Aminggaru, Ilaga Kabupaten Puncak telah dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata.

Dari informasi tersebut, personel gabungan langsung melakukan pengejaran terhadap KKB. Setelah mendatangi TKP, lanjut Iqbal, personil menemukan jerigen di sekitar TKP.

"KKB membakar helikopter pada bagian depan sebelah kiri, sebelum membakar bagian helikopter tersebut, para pelaku terlebih dahulu memecahkan kaca bagian depan sebelah kiri pesawat," ucap Iqbal.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan helikopter yang dibakar KKB adalah helikopter yang rusak bahkan tidak bisa terbang karena ada kerusakan.

Saat ini personil gabungan TNI dan Polri masih melakukan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata. Dalam kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa.

Ahmad menambahkan aksi pembakaran yang dilakukan oleh KKB dengan tujuan untuk mengganggu aktivitas penerbangan.

Kapolda Papua telah menginstruksikan kepada Polres jajaran agar objek Vital di jaga ketat terutama Bandara dan Lapangan Terbang. (Ykb/OL-09)

BERITA TERKAIT