11 April 2021, 19:42 WIB

Kompolnas Dukung Pembangunan Lapas Khusus Napi Teroris


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

KOMISI Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyambut baik rencana pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk membangun tiga lembaga permasyarakatan (lapas) khusus narapidana terorisme (napiter) di Nusakambangan, Jawa Tengah.

"Kami menyambut baik pemerintah akan membangun tiga lapas super maximum security di Nusakambangan," ujar Komisionar Kompolnas Peongky Indarti saat dihubungi, Minggu (11/4).

Menurut Poengky, ruang tahanan Polri menjadi persoalan di tengah pandemi covid-19. Sebab, terjadi kelebihan kapasitas karena seluruh tahanan, termasuk dari kejaksaan, dititipkan ke Polri.

Baca juga: Pembangunan Lapas untuk Napiter Cegah Upaya Radikalisasi

"Oleh karena itu, ada kebijakan selektif dalam melakukan penahanan, yaitu kasus kejahatan dengan ancaman hukuman berat dan kasus luar biasa. Seperti kasus terorisme," imbuh Poengky.

Seiring maraknya penangkapan pihak yang terlibat dalam jaringan terorisme, lanjut dia, mengakibatkan rumah tahanan khusus teroris menjadi penuh. Oleh karena itu, pembangunan lapas dengan pengamanan khusus merupakan hal penting yang harus segera direalisasikan

"Sangat bisa dimaklumi, jika tempat tahanan khusus teroris penuh. Perlu segera dibangunkan tempat khusus, dengan pengamanan super maximum," tandasnya.(OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT