08 April 2021, 23:48 WIB

PLBN Aruk Jadi Tuan Rumah Gerbangdutas 2021


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

BADAN Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menyiapkan pelaksanaan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2021 yang akan digelar di area Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Gerbangdutas 2021 yang akan dihelat pada Jumat (9/4) itu akan dihadiri Menko Polhukam Mahfud MD selaku Ketua Pengarah BNPP dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian selaku Kepala BNPP.

Kabupaten Sambas dipilih sebagai lokasi lantaran berkaitan dengan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw.

Dalam kegiatan Gerbangdutas 2021, BNPP akan mencanangkan program dan anggaran kementerian/lembaga dalam pengelolaan perbatasan negara, peresmian atau penyerahan secara simbolis program dan kegiatan yang telah selesai tahun sebelumnya, serta Sosialisasi Inpres Nomor 1 Tahun 2021.

Pelaksana tugas Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP Gatot Yanriyanto selaku Penanggung Jawab Gerbangdutas 2021 menyatakan pihaknya telah menyiapkan kegiatan Gerbangdutas 2021 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19. Peserta yang hadir secara langsung dibatasi. Kerjasama dengan polisi, TNI, Kemendagri, dan BNPP pun sudah disiapkan.

"Pengamanan terkait dengan pertama penjemputan agar tidak terlalu banyak personel. Yang kedua terkait dengan iring-iringan perjalanan, termasuk juga akses masuk menuju PLBN Aruk hanya satu gerbang saja yang dibuka," ujar Gatot.

Kepala PLBN Aruk, Purwoto, juga menyampaikan kesiapannya dalam menyambut acara Gerbangdutas 2021 yang diadakan di PLBN Aruk.

"Kami siap mendukung sepenuhnya jalannya acara Gerbangdutas 2021, saya akan mengarahkan pegawai PLBN Aruk untuk membantu mengatur acara ini agar berjalan lancar sesuai yang diagendakan," tandasnya. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT