06 April 2021, 20:26 WIB

Ginandjar Kartasasmita Tekankan Pentingnya Investasi SDM


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

STRATEGI menghadapi kesenjangan ekonomi salah satunya ialah dengan pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, dalam upaya mengatasi tantangan tersebut, perlu diletakkan strategi pemberdayaan masyarakat.

Demikian dikatakan politikus senior Partai Golkar Ginandjar Kartasasmita di sela-sela acara Executive Education Program for Young Political Leaders (Progam Pendidikan Eksekutif untuk Pemimpin Muda) di Kampus Golkar Institute, Kompleks Kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa (6/4).

Ia menyebut investasi sumber daya manusia untuk pembangunan Indonesia sangatlah penting. "Karena investasi SDM itu sama pentingnya dengan investasi prasarana ekonomi," ujar Ginandjar.

Ginandjar yang menyampaikan materi pembangunan Indonesia membeberkan bahwa sejauh ini banyak kemajuan yang telah dicapai Indonesia. Bahkan, keberhasilan itu mendapat pengakuan dunia internasional.

"Indonesia adalah negara yang berhasil melakukan transisi dari sistem otoriter ke demokrasi. Tanpa konflik horizontal yang berarti," katanya.

Namun demikian, imbuh dia, capaian keberhasilan Indonesia bukan tanpa masalah. Masalah inilah yang harus segera diatasi Indonesia. "Demokrasi membentuk oligarki baru. Kekuasaan tidak dipandang sebagai amanat, tetapi untuk dinikmati, melanggengkan kekuasaan," ujarnya.

Ketua Golkar Institute Ace Hasan Syadzily menambahkan, program pendidikan khusus ini memang bersifat terbatas. "Acara ini diikuti 40 orang dari hasil seleksi yang sangat ketat. Ini peserta ada yang wakil wali kota, anggota DPRD, dan lain-lain," tandasnya. (J-2)

 

BERITA TERKAIT