01 April 2021, 20:57 WIB

Komisi III Harap Ulama Beri Pehamanan Agama yang Benar


Putra Ananda | Politik dan Hukum

MARAKNYA aksi terorisme di Tanah Air yang bertindak atas nama agama mengindikasikan adanya pehamanan yang salah tentang nilai-nilai agama di masyarakat.

Wakil ketua Komisi III dari Fraksi Partai NasDem Ahmad Sahroni menegaskan peran tokoh agama dalam hal ini ialah ulama sangat penting untuk memberikan pehamanan ajaran agama yang benar kepada masyarakat.

"Peran alim ulama sangat dibutuhkan untuk membantu meluruskan pemahaman yang salah tentang agama," kata Sahroni di Jakarta, Kamis (1/4).

Baca juga: Dua Permil Tolak Diam

Sahroni meyakini ulama memiliki kelebihan dalam meluruskan kesalahpahaman agama tersebut. Yakni, memiliki sentuhan emosional yang kuat kepada para pengikutnya.

"Para teroris ini biasanya sangat nurut dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh ulamanya. Mereka nurut kalau ustadznya yang ngomong," kata dia.

Oleh karena itu, sambung Legislator NasDem dari dapil DKI Jakarta III (Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu) itu, Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) harus merangkul ulama. Upaya ini diharap efektif memberantas teroris di Indonesia.

"Makanya para ulama ini juga harus dilibatkan dalam upaya memberantas paham terorisme," tutup dia. (OL-4)

BERITA TERKAIT