22 March 2021, 08:57 WIB

Komisi I DPR Dorong Perawatan Rutin Alutsista di Lanud Iswahyudi


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

WAKIL Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mendorong agar perawatan terhadap alat utama sistem senjata (Alutsista) yang ada di Landasan Udara Iswahyudi, Madiun, dilakukan dengan rutin. Karena kesiapan Alutsista sendiri sangat penting dalam mendukung kedaulatan dan pengamanan wilayah NKRI terutama di Jawa Timur.

“Alutsista pada prinsipnya siap, hanya saja ada pergiliran perawatan. Yang sedang dirawat (perbaiki) tentunya tidak mungkin terbang. Ketika pesawat sudah terpenuhi perawatannya mereka (pesawat) bisa terbang tidak ada masala," kata Kharis usai memimpin tim kunjungan kerja Spesifik Komisi I DPR RI ke Lanud Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur, Kamis (18/3).

Perawatan terhadap Alutsista mutlak diperlukan, mengingat sebagian Alutsista usianya sudah tidak muda lagi. Dengan adanya perawatan, otomatis bisa menambah life cycle alat. Karena ketiadaan peralatan berpotensi membuat prajurit menjadi tidak terlatih dan sia-sia.

Menanggapi terkait dengan sarana dan prasarana penunjang lainnya seperti, kesejahteraan prajurit, politikus Fraksi PKS ini berharap ada peningkatan di antaranya masalah uang lauk-pauk bagi prajurit, utamanya kebutuhan nutrisi bagi para fighter (pilot pesawat tempur).

“Di samping itu tentunya kebutuhan nutrisi untuk para fighter tidak bisa disamakan dengan para prajurit biasa. Mereka membutuhkan asupan nutrisi yang lebih, kalori yang lebih dibandingkan dengan prajurit biasa. Oleh karnanya kita dorong agar ada pemenuhan untuk bisa mencukupi kebutuhan mereka,” tutupnya. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT