15 March 2021, 21:20 WIB

NasDem Galang Koalisi untuk Konvensi Capres 2024


Sri Utami | Politik dan Hukum

PARTAI Nasdem saat ini membangun komunikasi intensif untuk membentuk Koalisi Konvensi Capres 2024. Pertemuan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum Nasdem Surya Paloh merupakan langkah progresif yang perlu ditindak lanjuti bersama oleh kedua partai poltik.

Hal ini dikemukakan oleh Sekjen Nasdem Johnny G Plate saat dihubungi, Senin (15/3). “Saat ini membangun komunikasi intensif untuk membentuk Koalisi Konvensi Capres 2024. Pertemuan Ketua Umum dan Ketum Nasdem merupakan langkah progresif untuk bersama ditindaklanjuti ,” ujarnya.

Langkah progresif tersebut untuk menghasilkan satu peta jalan konvensi yang doable dan kredibel baik terkait penyelengara, mekanisme konvensi, metode rekruitmen calon termasuk hal teknis.

“Sampai dengan hal teknis terkait jadwal konvensi, ekspos internal dan eksternal partai,” imbuhnya.

Baca juga: Jubir Presiden Bantah Wacana Masa Jabatan Tiga Periode

Golkar dan Nasdem menurutnya merupakan gabungan perolehan suara Golkar dan Nasdem telah memenuhi syarat Presidential Thereshold 20% sebagaimana yang diamanatkan UU Pemilu.

“Ini menjadi hal penting untuk ditindaklanjuti karena sesuai dengan amanat UU Pemilu,” ujar Johnny.

Sebelumnya Nasdem yang telah merencanakan menggelar konvensi capres 2024. Beberapa nama tokoh nasional akan mengikuti konvensi tersebut. Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) beberapa waktu lalu, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil merupakan tokoh dengan elektabilitas tinggi untuk diusung di Pilpres 2024. (OL-4)

BERITA TERKAIT