09 March 2021, 22:32 WIB

Polri dan Kompolnas Bahas Strategi Perbaikan Polri


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

KETUA Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sekaligus Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD bersama Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo membahas perbaikan kinerja kepolisian. Termasuk pula strategi pelayanan terhadap masyarakat menyangkut isu-isu terbaru.

"Kompolnas itu mitra kerja untuk kemajuan polisi ke depan. Jadi segala sesuatunya dikomunikasikan secara kebersamaan," ujar Mahfud di Kantor Kompolnas, Jakarta, Selasa (9/3).

Mahfud yang juga menjabat Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan ini menjelaskan sinergi Kompolnas dan kepolisian bertujuan meningkatkan kinerja instansi yang dipimpin Listyo. Persoalan yang bersinggungan dengan masyarakat luas akan dibahas terlebih dahulu sebelum disebarluaskan.

"Kemudian ekspose kalau ada masalah-masalah tidak diledakkan dulu ke luar," jelasnya.

Menurut dia, langkah lain yang disepakati dalam pertemuan itu yakni mendongkrak kinerja kepolisian. Salah satunya lewat penerapan visi Kapolri mengenai strategi kerja yang presisi.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di DKI Jakarta Bertambah 1.656

"Presisi yang dikemukakan oleh Pak Listyo Sigit itu terjemahannya ke dalam kegiatan operasional apa, kelembagaan apa, tadi sudah dijelaskan semua bagus," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Mahfud juga mengatakan Kompolnas dan Polri membahas sejumlah isu yang tengah mencuat salah satunya Undang-undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika. Sayangnya Mahfud tidak menjelaskannya secara rinci.

"Intinya kita membangun Polri masa depan yang humanis, konstruktif sebagai terjemahan dari Presisi," tegas Mahfud.

Sementara itu Listyo mengatakan diskusi dengan Kompolnas juga membahas evaluasi dan saran terhadap kinerja yang telah dan akan dilakukan kepolisian. Kompolnas diharapkan terus memberi masukan guna perbaikan kinerja kepolisian.

"Kami sepakat untuk melakukan sinergi yang lebih kuat lagi dan tentunya kami selalu terbuka untuk mendapatkan masukan, dan memberikan ruang terhadap peran Kompolnas untuk perbaikan institusi polri," tutupnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT