22 February 2021, 19:30 WIB

Presiden Ancam Pecat Pimpinan TNI/Polri yang Lalaikan Karhutla


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo kembali mengancam akan mencopot pimpinan TNI-Polri di daerah-daerah yang terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang parah. Peraturan tegas tersebut sedianya telah diterapkan sejak 2016 silam.

"Kita punya kesepakatan di 2016. Kesepakatannya adalah, bagi pangdam, kapolda, kapolres danrem, dandim, kalau di wilayah saudara-saudara ada kebakaran dan membesar dan tidak tertangani dengan baik, aturan mainnya tetap sama, dicopot. Aturan ini belum saya ganti," ujar Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (22/2).

Ia pun meminta kepada pimpinan TNI-Polri di daerah untuk segera beradaptasi dengan peraturan tersebut. "Kita rutin melakukan pertemuan seperti ini untuk memberi tahu kepada pejabat-pejabat baru yang berada di daerah-daerah rawan bencana kebakaran," tegasnya.

Kepala Negara menyatakan, sejak memberlakukan peraturan tersebut lima tajun lalu, sudah ada dua pimpinan TNI-Polri di daerah yang dicopot dari jabatan mereka. (P-2)

BERITA TERKAIT