22 February 2021, 09:58 WIB

Komisi X DPR RI Apresiasi Pengembangan Desa Wisata Denai Lama


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

ANGGOTA Komisi X DPR RI Sofyan Tan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dalam pengembangan desa wisata di Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Deli Serdang, Sumatera Utara.

“Kami sangat kagum dengan destinasi wisata di Kabupaten Deli Serdang, salah satunya di Desa Denai Lama ini. Begitu masuk lokasi, rasa lelah langsung hilang karena terkesima dengan penataan yang bagus,” katanya saat mengikuti kunjungan lapangan Tim Kunker Reses Komisi X DPR RI ke Deli Serdang, Sumut, Selasa (16/1).

Sofyan mengatakan, keberadaan destinasi wisata di Deli Serdang merupakan program nyata dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat, sekaligus membentuk anak-anak agar memiliki visi ke depan yang lebih baik.

Untuk membentuk visi anak-anak. lanjut politikus PDI-Perjuangan itu, pemerintah daerah perlu memberikan pendidikan dengan lingkungan dan suasana yang baik. “Pendidikan yang baik bisa tercipta apabila ekonomi masyarakat meningkat. Desa Wisata ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga kepedulian masyarakat terhadap pendidikan akan meningkat,” katanya.

Sofyan dalam kesempatan itu pun berjanji akan membantu anak-anak Desa Denai Lama mendapatkan beasiswa hingga perguruan tinggi.

“Saya berjanji bersama Anggota Komisi X siap membantu dengan program anak pintar agar anak-anak di Desa Denai Lama bisa bersekolah hingga perguruan tinggi,” komitmen Sofyan.

Diketahui, Desa Wisata Denai Lama selama ini telah berpenghasilan sebesar Rp140 juta setiap bulannya. Untuk itu, Komisi X DPR RI meminta agar pemerintah terus membantu pengembangan desa-desa wisata yang saat ini belum mendapatkan perhatian, karena desa wisata terbukti mampu menggerakkan perekonomian daerah.

“Putaran ekonomi sangat baik, ini satu bentuk peningkatan pendapatan di desa agar penduduk desa tidak migrasi ke kota. Kami (Komisi X) akan memberikan dukungan pelatihan, beasiswa, hingga pemenuhan buku di perpustakaan,” kata Sofyan yang merupakan legislator dapil Sumut I itu.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan menjelaskan, Deli Serdang memiliki banyak destinasi wisata.

"Dan pengembangan Desa Denai Lama menjadi salah satu usaha Pemkab Deli Serdang untuk memberikan manfaat dan kesejahteraan kepada masyarakat setempat," katanya sembari mengatakan kehadiran Komisi X DPR RI merupakan penyemangat baru bagi pengembangan destinasi di Deli Serdang.

Sementara itu Pimpinan Sanggar Lingkaran sekaligus Ketua BUMDes Irwanto menjelaskan, Sanggar Lama merepresentasikan program pendidikan, literasi perpustakaan dan seni budaya.

“Sanggar ini berguna agar anak-anak Desa Denai Lama bisa mengenal budaya sendiri dan menjadi bagian dari orang-orang yang mau mengembangka budaya tersbeut," katanya seraya mengatakan Sanggar Lama menjadi sinergitas pengembangan pemberdayaan masyarakat, terutama bagi anak-anak remaja. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT