18 February 2021, 00:06 WIB

Respons Kejagung Atas Informasi Peretasan pada Database


Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum

KEJAKSAAN Agung (Kejagung) merespons pemberitaan tentang terjadinya peretasan pada database Korps Adhyaksa. Informasi peretasan itu langsung ditindaklanjuti.

"Kejaksaan RI melalui Pusat Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi (Pusdaskrimti) sudah melakukan langkah antisipatif dengan menghimbau pengguna untuk mengganti password agar tidak terjadi penyalahgunaan aplikasi ," kata Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangan tertulis, Rabu (17/2).

Kemudian, Lenoard mengatakan pihaknya langsung mengecek semua aplikasi dan sistem. Semuanya, diketahui dalam keadaan normal.

Baca juga : Bakamla dan BNN Gagalkan Penyelundupan Sabu 436 Kg

"Selanjutnya Pusdaskrimti sedang menelusuri apakah hal ini merupakan data peretasan lama atau kasus baru, sampai dapat dipastikan hasil koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Adhyaksa Monitoring Centre (AMC)," ungkap Leonard.

Terakhir, Leonard mengatakan hingga saat ini Tim Teknologi Informasi pada Pusdaskrimti Kejaksaan Agung terus berkomunikasi dengan BSSN. Guna menindaklanjuti informasi peretasan tersebut.

Sebelumnya, ramai diberitakan database Kejagung mengalami peretasan. Pemberitaan itu disoroti banyak pihak. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT