31 January 2021, 14:06 WIB

Tingkatkan Soliditas, Kapolri Temui Panglima TNI


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo menemui Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas antara Polri-TNI. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Kantor Subden, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (31/1).

"Hari ini kami melakukan silaturahmi kepada bapak Panglima TNI bersama jajaran Pejabat Utama Mabes Polri. Kami diterima oleh Panglima TNI beserta jajaran Pejabat Utama Mabes TNI,” ucap Listyo di lokasi pertemuan, Minggu (31/1).

Listyo menyebut pihaknya melaksanakan silaturahmi untuk terus meningkatkan sinergitas dan soliditas antara Polri dan TNI yang sudah terjalin juga ketika Jenderal Idham Azis masih menjabat sebagai Kapolri.

Sebagai Kapolri baru, Listyo mengaku akan menjaga hingga meningkatkan sinergitas dan soliditas yang telah dilaksanakan kedua belah pihak.

“Karena memang banyak sekali kegiatan-kegiatan penugasan kerja sama dalam hal kamtibmas yang selama ini telah kita laksanakan," tutur Listyo.

Di tengah pertemuan dengan Panglima, Listyo memberi contoh kegiatan yang dilakukan bersama TNI-Polri saat ini. Listyo menyebut mulai dari penegakan protokol kesehatan, kegiatan operasi di Poso dan Papua serta penanganan bencana alam.

Baca juga : KPK Dalami Seluk Beluk Pengadaan Bansos dari Juliari

"Kami terus berkomitmen agar soliditas dan sinergitas TNI Polri terus akan menjadi lebih baik dan solid sehingga masyarakat merasakan TNI Polri di lapangan memberikan rasa aman, memelihara kamtibmas sehingga iklim pertumbuhan ekonomi dan investasi serta penegakan aturan bisa dilaksanakan dengan baik. Masyarakat juga bisa merasakan kehidupan normal,” tegasnya.

Di sisi lain, Hadi menutukan dirinya membicarakan beberapa agenda saat pertemuan dengan Kapolri. Salah satunya rencana rapat pimpinan TNI-Polri yang akan digelar pada Februari 2021.

"Kemudian konteks tugas, TNI senantiasa mendukung terlaksananya penegakan hukum yang dilaksanakan Polri demi terciptanya kamtibmas," ungkapnya.

Pasalnya, hingga saat ini TNI-Polri masih terus melaksanakan penegakan protokol kesehatan di seluruh Indonesia. Baik memberikan edukasi atau sosialisasi untuk tidak bosan dan jenuh menggunakan masker.

"Karena dengan menggunakan masker saya akan melindungi sodara dan sodara akan melindungi saya dari terpaparnya COVID-19. Sinergi TNI-Polri dan didukung komponen masyarakat lainnya adalah modal dasar menjaga NKRI," pungkasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT