25 January 2021, 07:08 WIB

Listyo Sigit Diminta Hidupkan Aplikasi Pelaporan


Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum

KAPOLRI terpilih Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo diminta menghidupkan aplikasi pelaporan masyarakat yang sudah terlanjur dipublikasikan.

Aplikasi yang sudah dirilis Korps Bhayangkara kebanyakan tidak berguna.

"Beberapa kawan-kawan (polisi) membuat aplikasi pelaporan, tapi faktanya saya beberapa kali mencoba menghubungi tidak ada respon sama sekali, robot saja tidak menjawab," kata Peneliti Isess Bambang Rukminto dalam telekonferensi, Minggu (24/1).

Bambang mengatakan polisi zaman sekarang harus melek teknologi. Pelaporan tindak kejahatan dengan menggunakan aplikasi harusnya dikedepankan Korps Bhayangkara.

Baca juga: Listyo Sigit Dinilai Butuh Jubir Khusus

Dia juga mengatakan Polri sudah sering meluncurkan aplikasi laporan masyarakat. Namun, satu pun aplikasi itu tidak ada yang bisa memanggil polisi.

"Pembuatan aplikasi yang mahal tetapi tidak berguna bagi masyarakat," ujar Bambang.

Listyo diharap bisa memperbaiki hal itu. Pelaporan masyarakat tentang tindak pidana kejahatan tidak boleh ketinggalan zaman.

"Kepolisian harus cepat tanggap mengenai kasus hukum mengenai ketertiban dan keamanan masyarakat, ini tentunya harus menggunakan teknologi informasi sehingga respon itu bisa segera ditangani oleh kepolisian," tutur Bambang.

Bambang juga meminta aplikasi pelaporan itu bisa digunakan sampai pelosok negeri. Penggunaan aplikasi untuk melaporkan tindakan kejahatan diharap bukan untuk kota-kota besar saja.

"Bagaimana nanti itu diimplementasikan di daerah-daerah pelosok yang nanti kesulitannya di situ," ucap Bambang. (OL-1)

BERITA TERKAIT