24 January 2021, 20:06 WIB

Munarman FPI Berang ke PPATK, Ini Penyebabnya


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

PUSAT Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mendeteksi ada arus lalu lintas keuangan lintas negara terkait rekening Front Pembela Islam (FPI).

Menanggapi hal itu, mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman, menyebut bahwa pihaknya tak hanya mendapatkan bantuan dari luar negeri saja.

“Jangankan dari luar negeri, dari luar alam dunia bahkan FPI mendapatkan bantuan,” tutur Munarman kepada Media Indonesia, Minggu (24/1).

“Memangnya kalau dari luar negeri itu otomatis bandit semua apa, koruptor semua apa? Seperti para elit disini,” tambahnya.

Munarman meminta PPATK harus mempertanggungjawabkan narasinya terkait ada arus lalu lintas keuangan lintas negara terkait rekening FPI.

“Berhentilah buat narasi narasi sesat, nanti semua dipertanggungjawabkan di yaumil hisab,” tuturnya.

Sebelumnya, PPATK telah memblokir sementara rekening milik FPI dan para pihak terafiliasi di berbagai bank nasional sejak 4 Januari. Bahkan, jumlahnya mencapai 92 rekening, dan kemungkinan akan terus bertambah.

Adapun pemblokiran seiring dengan kebijakan pemerintah yang membubarkan dan menetapkan FPI sebagai organisasi terlarang. Keputusan itu termaktub dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani enam Kementerian dan Lembaga pada 30 Desember 2020. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT