22 January 2021, 16:47 WIB

Sekjen DPR Telah Serahkan Surat Fit and Proper Test Listyo Sigit


Sri Utami | Politik dan Hukum

KOMJEN Listyo Sigit Prabowo yang terpilih menjadi Kapolri akan segera dilantik dalam waktu dekat. Hal tersebut karena hasil keputusan rapat Paripurna DPR terkait fit and proper test calon kapolri telah diserahkan kepada pemerintah. 

"Iya sudah disampikan oleh Sekjen DPR kepada Presiden melalui Mensesneg tadi pukul 10.35 wib," ujar Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar. 

Indra yang dihubungi, Jumat (22/1) mengatakan dengan diserahkannya hasil keputusan tersebut maka dalam waktu dekat dapat dilakukan pelantikan.  "Iya bisa dalam waktu dekat," ucapnya. 

Sementara itu anggota Komisi III DPR Nasir Djamil menuturkan surat tersebut harus segera dikirimkam kepada pemerintah karena DPR sudah menyetujui pemberhentian Jenderal Idham Aziz sebagai Kapolri sebelumnya. 

"Kemungkinan surat sudah dikirim karena DPR sudah menyetujui pemberhentian Kapolri Idham Azis dan menyetujui Sigit Prabowo menjadi Kapolri yang baru. Kalau keputusan itu lama diserahkan ke presiden, bisa jadi masuk angin," cetusnya. 

Keterlambatan pengiriman putusan yang kemudian mengulur pelantikan maka akan terjadi dualisme kepemimpinan di tubuh polri. 

"Meskipun terbilang hanya hitungan sepekan, matahari kembar akan memberikam dampak serius," tukasnya. 

Sebelumnya lebih 300 anggota DPR yang hadir dalam rapat Paripurna kemarin telah menyetujui pengangkatan mantan Kapolda Banten tersebut menjadi Kapolri. Ketua DPR Puan Maharani pun mengetukan palunya sebagai putusan final. (Sru/OL-09).

BERITA TERKAIT