20 January 2021, 18:28 WIB

Moeldoko: Semua Kriteria Baik ada di Listyo Sigit


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

KEPALA Staf Kepresidenan Moeldoko menekankan bahwa Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Purnomo memiliki seluruh kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi kapolri.

"Kapasitas, kapabilitas, loyalitas dan integritas. Semua indikator itu dikenali dari calon kapolri baru. Jadi penilaiannya dari situ, bukan karena macam-macam," ujar Moeldoko di Kantornya, Jakarta, Rabu (20/1).

Menurutnya, Listyo terbukti mampu mengatasi berbagai persoalan ketika menjabat sebagai kabareskrim.

Selain itu, pria kelahiran Ambon, Maluku, itu juga dikenal sebagai pemimpin yang memiliki loyalitas tinggi kepada negara.

"Seorang pemimpin harus punya loyalitas pada negara. Itu pasti. Tidak boleh ditawar. Itu yang selalu dilihat," jelas Moeldoko.

Ia memastikan bahwa Presiden Joko Widodo sudah melakukan penilaian dan mempertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk menempatkan Listyo di jabatan tertinggi Polri.

"Presiden pasti sudah memikirkan untuk kepentingan yang lebih besar. Ini tidak bisa dijelaskan secara matematika. Penilaian pasti dilakukan dalam keseharian, secara empirik yang terjadi selama ini," pungkas mantan Panglima TNI itu. (OL-8)

BERITA TERKAIT