14 January 2021, 13:40 WIB

Presiden Desak PPATK Berperan Lebih Besar dalam Pencegahan Korupsi


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo meminta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) ikut mengawal program-program strategis pemerintah terutama yang berkaitan dengan penyaluran bantuan sosial dan stimulus ekonomi.

Permintaan tersebut disampaikan bukan tanpa alasan. Dana yang begitu besar yang digelontorkan untuk program-program strategis tentu memunculkan peluang terjadinya penyalahgunaan anggaran.

"Oleh karena itu saya minta PPATK ikut mengawal, ikut melakukan pengawasan melekat atas penyaluran bantuan sosial itu," ujar Jokowi dalam Koordinasi Tahunan Mengenai Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme (TPPT) 2021, Kamis (14/1).

Kepala Negara berharap PPATK dapat berperan lebih besar dalam mendukung pencegahan aksi-aksi korupsi di lingkungan pemerintahan. Tidak hanya di sisi hilir tetapi juga mulai dari sisi hulu mengingat saat ini tindak pidana korupsi semakin beragam dan canggih.

"PPATK perlu membantu mengawal pengisian jabatan-jabatan strategis dengan aktif melakukan penelusuan rekam jejak calon pejabat publik. PPATK harus bisa memastikan rekam jejak transaksi keuangan yang bersih," jelas Presiden. (P-2)

BERITA TERKAIT