28 December 2020, 01:40 WIB

Pengusaha Muda Diprediksi Ramaikan Pilpres 2024


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

PARA pengusaha muda yang kini mulai bertransformasi menjadi elite diproyeksikan akan meramaikan panggung politik pemilihan presiden pada 2024. Gejala itu terlihat dari sejumlah fi gur yang ada di Kabinet Indonesia Maju, seperti Erick Thohir, Sandiaga Uno, Muhammad Luthfi, dan Budi Gunadi Sadikin.

“Ada semacam kekuatan pengusaha baru yang sekarang ini tumbuh dan berusaha untuk mengambil porsi kekuasaan. Entah untuk 2024, entah untuk diri mereka, entah untuk Indonesia. Jadi bersiap-siaplah, nama-nama ini akan eksis dalam kekuasaan dan bisnis,” kata politikus PKB Faisol Riza dalam diskusi daring bertajuk Crazy Rich Masuk Kabinet, kemarin.

Perombakan kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu memasukkan sejumlah nama pengusaha muda, yakni Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Muhammad Luthfi menjadi Menteri Perdagangan, dan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Sebelumnya pengusaha muda Erick Thohir dan Nadiem Makarim sudah lebih dulu duduk di kursi kabinet.

Menurut Faisol, kelompok pengusaha muda memiliki kontribusi yang mencuri perhatian dalam panggung politik saat ini. Sebagian dari mereka juga menjadi salah satu gerakan yang menyukseskan Jokowi memenangi pemilihan presiden dua periode ini, selain dari dukungan partai politik dan relawan. Ia memproyeksikan pengusaha-pengusaha muda yang saat ini tampil juga akan menjadi elite-elite baru yang akan mengisi politik dan bisnis di Tanah Air selama 20-30 tahun ke depan.

“Mereka adalah pengusahapengusaha baru yang muncul dengan mindset global saat ini. Tentu ada keterkaitan dengan generasi pengusaha-elite sebelumnya,” kata Ketua Komisi VI DPR itu.


Pilpres

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menilai masuknya pengusaha muda berlabel crazy rich dalam pemerintahan tidak terlalu istimewa, lantaran sudah pernah terjadi pada kabinet-kabinet sebelumnya.

Yang istimewa, ucapnya, sejumlah nama itu digadang0gadang juga akan maju dalam Pilpres 2024. Posisi menteri yang disandang pengusaha muda akan menguntungkan karena panggung politik akan terbuka kian luas.

“Masuknya crazy rich tidak terlalu istimewa sebenarnya karena sudah biasa. Tapi karena sejumlah nama mungkin potensial sebagai contender untuk 2024, dengan posisi sebagai menteri tentu mereka punya panggung yang lebih luas. Sandiaga, misalnya, tentu panggung politiknya lebih luas apalagi kalau dia berhasil di kementerian yang dia pegang. Jadi crazy rich ini akan menjadi panggung yang lebih besar bagi mereka daripada tidak masuk kabinet,” ujarnya.

Djayadi menduga Jokowi memahami betul pemilihan menteri-menteri dari kalangan pengusaha muda tersebut. Menurutnya, Jokowi tak keberatan memberi panggung bagi mereka untuk maju di Pilpres 2024.

“Mungkin Pak Jokowi lihat siapa yang bisa membantu calon mahkotanya ke depan. Perkiraan saya Bobby dan Gibran (menantu dan putra Jokowi) belum di 2024. Tapi dengan Pak Jokowi memberi panggung semua yang potensial, berarti dia akan punya hubungan baik,” ucapnya. (P-5)

BERITA TERKAIT