26 December 2020, 19:25 WIB

Presiden Jokowi Bakal Mereshuffle Kabinet Lagi pada 2021


mediaindonesia.com |

PASKA satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin sudah mengganti enam menterinta. Komposisi enam menteri pengganti ini dinilai sudah berbobot dan pas untuk membantu mencari solusi.

“Dari enam menteri yang baru, ada tiga menteri yang menurut saya sangat bisa memberikan perubahan besar dan memberikan effort yang bagus untuk kabinet indonesia maju yaitu Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pariwisata Sandiana Uno dan Menteri Agama Yaqut Cholis Choumas,” ungkap Gerry Habel Hukubun, anggota Dewan Kehormatan DPP Hanura, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (26/12).

Tri Rismaharini, jelas dia, mantan walikota surabaya yang sukses merubah kota surabaya dari tata ruang maupun tata kelola. Surabaya ditangan Risma banyak sekali mendapatkan penghargaan internasional salah satunya adalah menjadi kota favorit ajang penghargaan bergengsi dunia di Guangzhou pada tahun 2018

Sandiaga uno, menurut dia, merupakan seorang pengusaha muda, mantan wakil gubernur DKI Jakarta dan mantan calon wakil presiden. Seorang anak muda yang berhasil di berbagai bidang, lulusan Wichita State University dan George Washinton University, Amerika Serikat, tentu sangat capable dalam melihat industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang terpuruk pasca pandemi covid19. “Dari kacamata pengusaha, sandiaga uno dipercaya bisa membuat strategi yang tepat,” kata Gerry.

Sementara Yaqut Cholis Choumas adalah ketua GP ansor yang selama ini dikenal sangat menghargai kehidupan beragama di indonesia. “Gus yaqut dipercaya bisa membawa nuansa yang harmonis disetiap pemeluk agama di Indonesia,” ujarnya.

Namun, tahun 2021 tantangan juga semakin berat. Menurut Gerry, dampak pandemic covid-19 belum sepenuhnya pulih. Situasi ekonomi dan politik yang begitu dinamis membutuhkan peran pembantu yang juga dinamis.

“Jadi Presiden Jokowi tetap akan membuat reshuffle di tahun 2021. Saat ini  pak jokowi tidak mau langsung mengganti kabinetnya dalam jumlah besar. Beberapa menteri akan diganti pada 2021,” ungkap Gerry. (OL-13)

Baca Juga:  Jadi Menteri, Sandiaga: Banyak Diselamati, Banyak Juga Mencaci

BERITA TERKAIT