08 December 2020, 21:13 WIB

Pilkada jadi Momentum Tunjukkan Patriotisme


Widhoroso |

PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang akan berlangsung Rabu (9/12) merupakan kesempatan bagi rakyat untuk menentukan pemimpin yang berkualitas. Pilkada merupakan momentum masyakarat untuk menunjukkan patriotisme dengan cara menggunakan hak pilihnya.

"Semakin banyak yang memilih, semakin menang Indonesia. Karena semakin mendekati 100% angka pemilih, semakin memastikan yang terpilih adalah figur-figur berkualitas," ujar Presiden Dewan Pimpinan Pusat Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Ollies Datau saat menyampaikan sambutan dalam acara webinar 'Menyambut Pilkada Aman dan Sehat di Depan Mata, Selasa (8/12).

Menurutnya, di masa pandemi Covid-19, jangan memberikan peluang terhadap orang yang tidak peduli terhadap rakyat untuk menjadi pemimpin. Akan tetapi harus terpilih pemimpin daerah yang benar-benar peduli terhadap penanganan pandemi dan dampak sosial ekonominya.

Ollies menegaskan pihaknya dari awal konsisten dan sepakat Pilkada 2020 harus terlaksana dengan cara yang sehat dan aman. Karena menunda pilkada berarti menambah menumpuk membebani negara dengan masalah-masalah baru. "KPU, Bawaslu, Kemendagri, Kemenko Polhukam, TNI, Polri, masyarakat sipil yang terlibat sebagai pelaksana dan seluruh stake holder telah berjuang keras guna mensukseskan Pilkada ini," tegasnya.

"Semua sudah berjuang. Sekarang tinggal saatnya kita melakukan bagian kita sebagai warga negara," imbuhnya  

Ollies mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mencoblos pada tanggal 9 Desember 2020 dengan tertib dan aman serta mematuhi protokol kesehatan. "LIRA mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya. Datang, pilih, awasi dan menang bersama dalam Pilkada 2020," tegasnya.

Sedangkan Wakil Presiden DPP LIRA Andi Syafrani menjelaskan pentingnya peran seluruh masyarakat termasuk civil society seperti LIRA untuk menyuarakan dan mengajak serta masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pilkada serentak pada 9 Desember 2020. Andi mengajak masyarakat dan seluruh anggota LIRA di berbagai wilayah untuk meyakinkan kepada para pemilih agar jangan khawatir selama semuanya mengikuti protokol kesehatan dengan baik.

"Kita bicara antara hak politik kita untuk mensuarakan di sisi lain emang ada hak kesehatan. Tapi dalam konteks ini kita tahu bahwa selama protokol itu dilaksanakan Insyaallah hak kita untuk sehat telah terlindungi," ujar Andi. (R-1)

BERITA TERKAIT