01 December 2020, 18:33 WIB

Polri: Belum Ada Gerakan Menonjol Saat HUT OPM


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

POLRI menyatakan belum ada gerakan atau aksi yang menonjol di Papua ketika Organisasi Papua Merdeka (OPM) merayakan HUT pada Selasa (1/12) ini.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono menilai hal itu disebabkan aparat keamanan sudah mengantisipasi pergerakan sejak November lalu.

"Sampai saat ini, belum ada yang menonjol di Papua terkait dengan 1 Desember," ungkap Awi di Jakarta, Selasa (1/12).

Petugas kepolisian sudah mengingatkan warga Papua agar tidak terpengaruh gerakan yang menolak persatuan NKRI. Awi mengatakan pihaknya sudah melakukan serangkaian kegiatan patroli, penyuluhan, hingga kegiatan preventif lain.

Baca juga: Antisipasi HUT OPM, Polda Papua Barat Siapkan 2.738 Personel

"Mengingatkan kepada warga Papua untuk tetap tenang. Untuk tetap menjaga kesatuan dan persatuan di bawah NKRI," jelas Awi.

Sebelumnya, Polda Papua Barat mengerahkan 2.738 personel guna mengamankan HUT OPM pada 1 Desember. Petugas kepolisian disebar ke seluruh wilayah Papua Barat untuk menjaga keamanan.

"Semuanya selalu siap menjaga situasi di wilayah hukum Polda Papua Barat, agar selalu aman, tentram dan kondusif," tutur Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP Adam Erwindi.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT