30 November 2020, 10:59 WIB

Presiden Minta Kepastian Pelaksanaan Vaksinasi


Nur Azizah | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo meminta kepastian mengenai waktu pelaksanaan vaksinasi. Meski dia pernah menyebut vaksinasi bakal digelar awal 2021 paling telat.

"Saya juga minta kepastian mengenai vaksin dan mulainya vaksinasi," kata Jokowi di Istana Merdeka,Jakarta, Senin (30/11).

Sebelumnya, Jokowi menyebut Indonesia bakal memakai vaksin Covid-19 yang terdaftar di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun Presiden tak menyebut merek atau asal negara vaksin tersebut.

Presiden memastikan vaksin yang akan diberikan memiliki keefektivan melemahkan virus. Presiden juga menjamin bahwa vaksin bakal disuntikan ke masyarakat aman.

Indonesia berpeluang membeli vaksin Covid-19 dari Moderna, perusahaan asal Amerika Serikat. Dalam hasil uji klinis tahap tiga, vaksin ini diklaim mampu melumpuhkan virus hingga 94,5 persen. Vaksin covid-19 dari Moderna telah dibidik beberapa negara seperti Inggris dan Uni Eropa. Namun, belum dipastikan kapan negara tersebut akan menerima suplai vaksin Moderna.

baca juga: Kemenkes Catat Ada 1.655 Klaster Covid-19 Sejak Maret 

Selain Moderna, vaksin covid-19 dari perusahaan Pfizer dan BionTech juga diklaim berhasil mencegah infeksi virus. Saat ini, Pfizer masih melangsungkan uji klinis tahap tiga bersamaan dengan ujicoba vaksin covid-19 dari Sinovac dan AstraZeneca. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT