28 November 2020, 12:40 WIB

Tebar Teror, MIT Poso Bunuh Warga di Sigi


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

KELOMPOK teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso pimpinan Ali Kalora diduga membunuh empat warga di Desa Lembontongoa, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (27/11).

Kabid Humas Polda Sulteng, Komisaris Besar Didik Suparnoto merinci empat warga yang menjadi korban adalah Yasa, Pinu, Naka, dan Pedi. Ia menduga korban masih memiliki hubungan keluarga.

"Iya, benar. Ada empat yang meninggal," kata Didik saat dikonfirmasi, Sabtu (28/11).

Didik mengatakan informasi awal kejadian itu dilaporkan oleh Ulin yang merupakan anak dari korban, Yasa. Ulin yang sempat disandera bersama keluarganya berhasil kabur dan melaporkan ke warga setempat.

Menurut Ulin, kejadian itu terjadi sekitar pukul 09.00 WITA kemarin. Polisi lalu menerima informasi dari masyarakat dan mendatangi tempat kejadian. Sesampainya di TKP, polisi menemukan empat mayat dan tujuh rumah warga dalam kondisi terbakar.

Didik mengatakan kelompok pembunuhan itu diduga kuat merupakan MIT setelah saksi mengenali salah satu pelaku yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO), yakni pimpinan MIT Poso, yakni Ali Kalora.

"Pelaku berdasarkan keterangan saksi adalah anggota MIT setelah dicocokkan dengan gambar DPO," ungkapnya.

Lebih lanjut, Didik mengatakan saat ini petugas yang tergabung dalam pasukan dari Satgas Tinombala tengah mengejar para pelaku.

"Saat Ini sudah ada back up kurang lebih 100 orang pasukan dari Satgas Tinombala, Brimob Polda Sulteng dan TNI untuk melalukan pengejaran terhadap kelompok Ali Kalora tersebut," kata Didik. (OL-8)

BERITA TERKAIT