27 November 2020, 17:28 WIB

Abu Bakar Ba'asyir di RSCM, Polri Tunggu Permintaan Pengamanan


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

TERPIDANA kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir saat ini tengah dirawat di RSCM karena kondisinya menurun, Jumat (27/11). Menyikapi adanya Abu Bakar Ba'asyir di Jakarta, pihak kepolisian masih menunggu permintaan dari LP Gunung Sindur.

"Sekarang prosesnya di mana?  Yang tangani siapa? (LP Gunung sindur) Yang bertanggungjawab siapa? (LP) Jadi kita tetap menunggu permintaan pengamanan dari LP," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (27/11).

Menurut Awi, dirinya belum menerima permintaan penambahan pengamanan usai menghubungi Wakil Kepala Detasemen Khusus (Wakadensus) 88. "Jadi tadi kebetulan saya telepon Wakadensus bahwasanya belum ada permintaan," ucap Awi.

Awi menjelaskan Polri tetap memonitor Abu Bakar Ba'asyir karena yang bersangkutan merupakan narapidana terorisme. Terkait kesehatan dan keamanan Abu Bakar, lanjut Awi, merupakan tanggung jawab dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum dan HAM).

"Namun sebagai yang bersangkutan memang narapidana teroris tentu kami punya kepentingan untuk monitor perkembangannya. Ini terkait dengan keamanan yang bersangkutan. Kesehatan yang bersangkutan kan tanggung jawab Kemenkum dan HAM," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kadiv Pas Kanwil) Jawa Barat Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum dan HAM) Abdul Aris mengonfirmasi kabar kondisi kesehatan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir tengah menurun. Abdul mengungkapkan Ba'asyir saat ini sedang menjalani perawatan di RSCM, Jakarta Pusat, sejak 24 November silam. (OL-14)

BERITA TERKAIT