25 November 2020, 19:09 WIB

KPK Bantah Rilis 11 Nama Terkait Penangkapan Edhy Prabowo


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah informasi 11 inisial yang diamankan penyidik saat menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Sebelumnya, beredar pesan berisi daftar 11 pejabat yang ditangkap tim KPK di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

"Kami tidak pernah merilis 11 inisial nama atau jabatan para pihak yang turut diamankan dalam penangkapan dini hari ini di Bandara Soetta," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, Rabu (25/11).

Informasi terkait penangkapan Menteri Edhy Prabowo berkembang di masyarakat. Pesan berantai yang menyebut inisial pihak yang ditangkap itu mengklaim atas nama Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK.

KPK meminta masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi yang keliru. KPK meminta publik menanti keterangan resmi terkait penangkapan tersebut yang akan diumumkan dalam konferensi pers malam ini.

Baca juga : Ikut Rombongan KKP, Ali Ngabalin Jelaskan Dirinya tidak Ditangkap

"Kami meminta para pihak tidak menyebarkan informasi yang tidak benar dan mengimbau agar publik menunggu hingga keterangan resmi dapat kami sampaikan dalam konferensi pers malam ini," ucap Ali Fikri.

Ali Fikri sebelumnya mengumumkan KPK mengamankan 17 orang dalam rangkaian penangkapan Edhy Prabowo. Selain Edhy, KPK juga mengamankan istrinya dan beberapa pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta beberapa pihak swasta.

Tim KPK melakukan operasi penangkapan di beberapa lokasi di antaranya Jakarta dan Depok (Jawa Barat), termasuk di Bandara Soekarno Hatta. Penangkapan dilakukan sekitar jam 00.30 WIB.

Seperti diberitakan, Menteri dari Partai Gerindra itu ditangkap sepulang kunjungannya dari Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat. (OL-7)

BERITA TERKAIT