19 November 2020, 13:10 WIB

Daerah Mau Maju, Kepala Daerah Harus Punya Visi yang Baik


Andhika prasetyo | Politik dan Hukum

STAF Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo mengungkapkan kepala daerah adalah sosok kunci yang akan menentukan apakah daerah yang dipimpin bisa terlepas dari pandemi covid-19.

Jika pemimpin daerah tidak memiliki ketegasan, visi yang baik dalam penanganan pandemi, daerah tersebut pasti akan terus mengalami kesulitan untuk pulih dan bangkit.

"Seluruh kepala daerah di Tanah Air harus punya visi yang kuat, harus mampu menegakkan protokol kesehatan, tidak boleh membeda-bedakan orang dalam penerapan protokol kesehatan," ujar Benny melalui keterangan resmi, Kamis (19/11).

Jika pemimpin daerah tidak tegas dan cenderung mengabaikan penegakan protokol kesehatan, itu jelas akan berakibat buruk bagi publik.

"Publik akan ikut mengabaikan protokol kesehatan karena pemimpinnya juga tidak konsisten. Publik tidak akan beradab kalau pemimpin daerahnya tidak bisa diteladani," tuturnya.

Baca juga : Wapres Pantau Persiapan Vaksinasi Covid-19

Menurut Benny, sekarang adalah saat yang tepat bagi seluruh elemen bangsa untuk keluar dari lingkaran egoisme yang mengutamakan kepentingan sendiri dan kepentingan jangka pendek.

Semua pihak harus berkolaborasi dengan mengedepankan moralitas yang baik demi keselamatan dan keutuhan bangsa dan negara.

“Demi negara dan bangsa mari kita wujudkan aktualisasi keutamaan hidup berbangsa dan bernegara menjadi hukum tertinggi demi keselamatan warga negara,” tandasnya.(P-5)

BERITA TERKAIT