06 November 2020, 20:45 WIB

Penyidik Polri Segera Rampungkan Berkas Kasus Sugi Nur


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

TIM penyidik Polri berencana akan segera merampungkan berkas kasus pencemaran nama baik dan adanya dugaan hinaan terhadap Nahdlatul Ulama (NU) oleh Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur.

"Untuk berkas, doakan secepatnya segera dilimpahkan untuk tahap I-nya. untuk tersangka berikutnya, belum ada," papar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (6/11).

Awi menyebut untuk sementara polisi baru memutuskan satu tersangka terkait kasus ujaran kebencian tersebut.

"kita berharap penyidik segera rampungkan berkas Gus Nur,” ujar Awi.

Terkait uji laboratorium forensik pada konten Youtube Gus Nur yang diduga memuat ujara kebencian terhadap NU, Awi menyebut hal itu merupakan sebagai tambahan alat bukti.

“Hasil digital forensik itu lah yang meyakinkan penyidik untuk memberkas kasus tersebut tentunya sebagai tambahan alat bukti. Tentunya nanti diperiksa ahli digital forensik dan hasil laporan itu jadi alat bukti tersendiri,” terangnya.

Sebelumnya, pakar Hukum Tata Negara Refly Harun yang mewawancarai Gus Nur di konten Youtube juga turut diperiksa. Bareskrim Polri memeriksa Refly Harun terkait perkara tindak pidana ujaran kebencian yang disampaikan Gus Nur di Channel Youtube.(OL-4)

BERITA TERKAIT