19 September 2020, 20:11 WIB

1 Bakal Calon Kepala Daerah di Pilkada 2020 Belum Serahkan LHKPN


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

SEBANYAK 1.482 bakal calon kepala daerah (Bacakada) telah melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan terverifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sementara itu, jumlah bacakada yang mendaftarkan diri di pilkada 2020 mencapai 1.486 orang.

"Hingga hari ini, Sabtu, (19/9) KPK telah memberikan 1.482 tanda terima atas pelaporan LHKPN bakal calon kepala daerah (Bacakada) dari total 1.486 bacakada yang mendaftarkan diri pada pilkada serentak 2020," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK bidang Pencegahan Ipi Maryati kepada Media Indonesia, Sabtu (19/9).

Menurut dia, terdapat tiga LHKPN terakhir yang masuk dan dalam proses verifikasi oleh tim KPK. Dengan demikian masih tersisa satu dari total bacakada yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang belum melaporkan LHKPN.

"Sementara satu bacakada yang belum menyampaikan LHKPN. KPK mengimbau bagi yang belum menyampaikan laporan hartanya dan akan melanjutkan pencalonannya, agar segera menyampaikan laporan hartanya kepada KPK, sehingga persyaratan pencalonan terpenuhi," pungkasnya.

Baca juga : Rentan Timbulkan Kerumuman, Pilkada Diusulkan Ditunda

Berdasarkan catatan KPU RI sebelum masa perpanjangan pendaftaran terdapat 687 pasangan bacakada di pilkada 2020. Itu terdiri dari bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sebanyak 22.

Kedua, jumlah bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati sebanyak 570. Ketiga jumlah bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota sebanyak 95. Keempat jumlah bakal calon laki-laki 1.233 dan bakal calon perempuan 141.

Kelima, jumlah bakal pasangan calon yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik sebanyak 626 dan keenam jumlah bakal pasangan calon yang melalui jalur perseorangan sebanyak 61. (OL-7)

BERITA TERKAIT