18 August 2020, 19:42 WIB

Memaknai 75 Tahun RI di Tengah Pandemi


Thomas Harming Suwarta | Politik dan Hukum

PEMERINTAH mengajak masyarakat untuk menjadikan momentum peringatan HUT ke-75 RI di tengah pandemi covid-19 sebagai dorongan untuk segera bangkit dari krisis. Bahkan bukan hanya sekedar bangkit tetapi juga maju lebih jauh lagi.

"Kita sedang alami dua krisis yaitu krisis kesehatan dan krisis ekonomi. Nah bagaimana masyarakat diajak untuk bangkit dari dua krisis itu. Bahkan, bukan sekadar bangkit tapi juga maju dengan lompatan yang tinggi. Itulah juga kenapa tema kita kali ini Bangkit Untuk Indonesia Maju," ungkap Deputi IV Kantor Staf Presiden Juri Ardiantoro dalam perbincangan dengan Jurnalis Media Indonesia Astri Novaria melalui siaran Instagram Live Media Indonesia, Senin (17/8).

Baca juga: Anne Avantie: Cinta Saya untuk Indonesia Putih Sekali

Dijelaskan Juri, saat ini pemerintah sedang berupaya keras mengatasi dua krisis tersebut baik melalui berbagai upaya pencegahan virus covid-19 makin meluas maupun langkah pengobatan untuk yang sudah terpaar hingga kebutuhan vaksin termasuk pemulihan ekonomi dengan berbagai program stimulus ekonomi yang diberikan.

Bahkan dalam rangka upaya mengatasi krisis di bidang kesehatan dan ekonomi ini pemerintah mengoreksi sejumlah jadwal pelaksanaan program strategis nasional yang sebelumnya sudah direncanakan seperti pemindahan Ibu Kota baru dan program SDM unggul. "Tentu saja jadwalnya harus berubah ya karena fokus pemerintah hari ini adalah bagaimana mengatasi dua krisis nasional ini," lanjut mantan Komisioner KPU RI ini.

Baca juga: Ini Makna Kemerdekaan untuk Anne Avantie

Ditegaskan Juri, terkait pengendalian covid-19, saat ini sampai vaksi belum ditemukan, maka kuncinya ada pada perilaku masyarakat sendiri yaitu taat pada protokol kesehatan dengan memakai masker, rajin mencuci tangan, dan hindari kerumunan. "Karena kalau tidak disiplin, bukan saja pelakunya yang tertular tetapi juga orang lain di sekitarnya," tukasnya.

Baca juga: Ciptakan Pemimpin dari Belajar Berbasis Riset di Tepi Danau Toba

Maka itu pemerintah juga mengajak kerja sama seluruh masyarakat untuk tidak terlarut dalam krisis tetapi bangkit dengan menyusun langkah-kangkah strategis dan sistemik agar bisa bangkit dan maju. "Kita seperti kata Presiden Jokowi harus memanfaaatkan pandemi ini ssbagai lompatan besar untuk mewujudkan Indonesia Maju yang kita harapkan bersama," pungkas Juri. (X-15)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Media Indonesia (@mediaindonesia) on

 

BERITA TERKAIT