15 July 2020, 14:08 WIB

Tjahjo Pastikan Pembubaran Lembaga Berdasarkan Record


Insi Nantika Jelita |

MENTERI Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo memastikan pemerintah membubarkan 18 lembaga dan/atau komisi negara dalam waktu dekat.

Baca juga: Presiden Tegaskan Lembaga tidak Bermanfaat Dibubarkan Saja

Belasan lembaga tersebut sudah menjadi dasar pertimbangan pemerintah. kata Tjahjo, sudah menyerahkan dasar pertimbangan dan track record lembaga tersebut ke Kementerian Sekretariat Negara (Mensesneg).

"18 lembaga sudah pasti (dibubarkan). Itu atas dasar pertimbangan dan data. Kita tunggu evaluasi dari Mensesneg," jelas Tjahjo kepada Media Indonesia, Jakarta, Rabu (15/7).

Baca juga: Moeldoko Ungkap Sejumlah Lembaga yang Akan Dibubarkan

Tjahjo juga mengatakan, ketiga lembaga yang disebutkan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menjadi pertimbangan pihaknya untuk dibubarkan. Lembaga tersebut ialah Komisi Nasional Lanjut Usia (Komnas Lansia), Badan Standardisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan (BSANK), dan Badan Restorasi Gambut (BRG).

"Kami (sudah) sampaikan dasar pertimbangan dan record selama ini untuk disampaikan kepada Mensesneg untuk ditelaah oleh Setneg dan Seskab juga KSP," terang Tjahjo.

Baca juga: Ini Profil 3 Lembaga Negara yang Terancam Dibubarkan

Dia menjelaskan, pembubaran 18 lembaga tersebut memang disengaja dilakukan untuk efisiensi. "Ini semata sesuai visi dan misi presiden tentang reformasi birokrasi dalam kaitan penyederhanaan birokrasi agar tidak terjadi tumpang tindih dan dapat fokus di kementerian," pungkas Tjahjo. (X-15)

BERITA TERKAIT