03 July 2020, 19:19 WIB

Prabowo Subianto Diprediksi Lolos dari Reshuffle


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

ISU reshuffle mengemuka menyusul teguran Presiden Jokowi kepada sejumlah menterinya dalam rapat kabinet. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Tohir, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, diprediksi bakal luput dari reshuffle lantaran berkinerja baik.

"Nama-nama itu bisa jadi ada dalam persepsi Jokowi. Nama-nama itu bisa jadi yang dipercaya Jokowi sebagai menteri dengan kinerja baik," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago dalam keterangan resmi Jumat (3/7).

Baca juga: Soal Reshuffle, Mendes Pasrah dan Hanya Ingin Fokus Kerja

Menurut Pangi, saat ini Jokowi membutuhkan menteri yang bisa membuat gebrakan. Namun yang terpenting pula adalah kinerja menteri bisa dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat.

"Jadi bukan sekadar populer tapi parameternya kinerjanya benar-benar dirasakan publik," terangnya.

Pangi menilai Jokowi mestinya tak punya beban untuk membongkar pasang kabinet. Yang jelas parameternya adalah kinerja dan bukan letupan politik.

Dia pun memandang menteri seperti Basuki atau Erick Thohir adalah menteri yang gebrakannya paling terasa. "Erick Thohir bagus karena ada gebrakannya terasa dan kinerja yang diketahui publik. Namun ada pula menteri lain yang mungkin tak populer yang gayanya bekerja dalam senyap," kata Pangi.

Baca juga: Pengamat: Jokowi Marah Boleh, tapi Reshuffle Sekarang tak Ideal

Pengamat politik Hendri Satrio juga menilai Prabowo, Basuki, dan Erick sebagai menteri yang diprediksi akan dipertahankan presiden. "Basuki karena dia simbol penjaga monumen Jokowi di bidang infrastruktur. Terus Erick Thohir juga saya rasa bertahan, gebrakan di BUMN-nya menurut saya disukai Jokowi. Pak Prabowo juga bertahan saya rasa," pungkasnya. (Cah/A-3)

BERITA TERKAIT