18 June 2020, 19:56 WIB

KPK Tunggu Salinan Putusan Sikapi Kasasi Sofyan Basir


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menentukan langkah lanjutan terkait putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak kasasi atas vonis bebas mantan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir.

KPK masih menunggu salinan resmi putusan kasasi dan kemudian akan mengkajinya dulu untuk menentukan langkah selanjutnya.

"Iya (masih menunggu salinan). Setelah itu akan kita pelajari dahulu," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, Kamis (18/6).

Baca juga : Kartu Prakerja Banyak Masalah, KPK: Tunda Penerimaan Peserta

Seperti diberitakan, MA menolak kasasi KPK. Penolakan itu menguatkan putusan Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat yang membebaskan Sofyan atas dugaan korupsi terkait PLTU Riau-1. KPK belum mau berandai-andai terkait kemungkinan pengajuan Peninjauan Kembali (PK) atas putusan tersebut.

Atas putusan kasasi tersebut, KPK menyatakan menghormati putusan pengadilan. Meski begitu, KPK menyinggung bahwa sejumlah pihak lain yang diproses dalam kasus korupsi terkait PLTU Riau-1 semuanya telah divonis bersalah.

KPK meyakini proses penyidikan hingga penuntutan telah ada bukti permulaan yang cukup untuk mendakwa Sofyan Basyir dalam perkara suap PLTU Riau-1 tersebut. (OL-7)

BERITA TERKAIT