25 April 2020, 15:45 WIB

​​​​​​​Dari Kasus Ravio, Mahfud Ajak Semua Pihak Berhati-Hati


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

MENTERI Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud Md mengajak semua pihak mengambil pelajaran dari kasus Ravio Patra. Ia mengatakan penegak hukum maupun masyarakat harus lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan.

"Mari kita sama-sama belajar untuk masyarakat sipil, masyarakat supaya juga berhati-hati membuat pernyataan-pernyataan yang provoktif. Harus jujurlah, sekarang itu di tengah-tengah masyarakat banyak sekali berita-berita yang sangat provokatif, mengajak masyarakat untuk ribut, itu tidak bisa diingkari," ujar Mahfud dalam keterangan resmi, Sabtu (25/4).

Menurut dia, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan dalam bertutur kata dan menyerap informasi. Pasalnya berita provokatif semakin menyesaki ruang publik.

Semua kalangan, kata dia, perlu meningkatkan keamanan akun media sosial dan hal penting lain supaya sulit diretas.

"Karena biasanya orang-orang yang brutal itu kalau ingin menyembunyikan diri, salah satunya dengan meretas punya orang," katanya.

Baca dulu: Ungkap Peretasan dan Hentikan Kriminalisasi Atas Ravio

Mahfud tak lupa mengajak aparat penegak hukum lebih tenang dan mengantongi bukti kuat sebelum bertindak. 

"Tapi kalau sudah membahayakan, pancing dulu siapa ini yang buat, ambil mungkin akan muncul ini yang membuat. Tetapi itu dalam rangka kehati-hatian juga," urainya.

Terlepas dari itu semua, Mahfud menyatakan pemerintah sangat menghargai saran, masukan hingga kritik masyarakat. Meski begitu terdapat penumpang gelap yang ingin menimbulkan keributan dan perselisihan.

"Untuk itu kita saling berhati-hati, untuk masyarakat dan aparat sipil mari kita bekerja sama untuk negara ini," pungkasnya. (A-2)

 

 

BERITA TERKAIT