21 August 2019, 22:13 WIB

Kemenkominfo Blokir Akses Telekomunikasi di Papua


Dhika kusuma winata | Politik dan Hukum

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika memblokir akses data telekomunikasi di wilayah Papua dan Papua Barat. Juru bicara Kemenkominfo Ferdinandus Setu mengatakan langkah itu diambil untuk mendukung keamanan di wilayah Papua yang tengah belakangan dinilai kurang kondusif.

"Kami memutuskan untuk melakukan pemblokiran sementara layanan data telekomunikasi mulai Rabu (21/8/2019) hingga suasana si Tanah Papua kembali kondusif dan normal," ucap Ferdinandus melalui keterangan pers di Jakarta, Rabu (21/8).

Baca juga: Jokowi Pastikan Kondisi di Papua Kondusif

Kementerian mengatakan mengambil langkah itu setelah berkoordinasi dengan dengan aparat penegak hukum dan lembaga lain yang menangani keamanan. Masa pemblokiran itu belum ditentukan.

"Pemblokiran akses data di Papua dan Papua Barat untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan sekitarnya," imbuh Ferdinandus.

Sebelumnya, Kemenkominfo juga sempat melalukan throttling atau perlambatan akses bandwidth di beberapa wilayah Papua saat terjadi aksi massa di sejumlah daerah, Senin (19/8) lalu. Langkah itu diambil untuk meredam peredaran hoaks yang berpotensi memperkeruh kondisi keamanan. (OL-8)

BERITA TERKAIT