21 August 2019, 18:08 WIB

Wiranto Terbang ke Monokwari untuk Tenangkan Masyarakat


Golda Eksa | Politik dan Hukum

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengimbau semua pihak untuk tetap sabar, menjaga kedamaian, dan saling memaafkan. Menurut dia, insiden di wilayah Papua yang timbul karena kesalahpahaman telah selesai.

"Sudah ada minta maaf dan tinggal diterima maafnya, sampaikan kepada masyarakat. Kita harus kembali bersatu sebagai bangsa. Jangan mengobarkan emosi, tapi harus mengobarkan kesabaran kedamaian," ujar Wiranto kepada wartawan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (21/8).

Baca juga: Bamsoet Sebut Ada Indikasi Pihak Luar Ingin Pisahkan Papua

Wiranto mengaku akan terbang ke Manokwari, Papua Barat, malam ini. Tujuan keberangkatan itu untuk mengobarkan rasa empati, kedamaian, serta mengajak masyarakat kembali bersatu sebagai sebuah bangsa.

"Yang rugi siapa sih kalau kita bertengkar? Kita kok. Persaingan kita bukan antarkita, bukan antarsuku, enggak. Kita sudah menyatu sejak 28 Oktober 1928, sudah bersatu, berikrar, bersumpah, dan itu sumpah setia. Sampai sekarang itu harus kita rawat," imbuhnya.

Ia juga mengingatkan kepada semua pihak, terutama anak muda, agar tidak meruncingkan peristiwa itu dengan pelbagai berita hoaks yang memicu keresahan masyarakat.

"Sudah waktunya kita ini sekarang menyatukan bangsa kita. Saya ke sana (Papua) juga bukan ngompori tapi justru kita mencoba merayu, merangkul kita sama-sama hidup dalam NKRI ini," tandasnya. (Gol)

BERITA TERKAIT