08 July 2019, 07:55 WIB

NasDem Punya Banyak Calon Menteri Muda


Pro/Uca/Mir/P-1 |

SEKJEN Partai NasDem Johnny G Plate sepakat kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin perlu diisi sosok-sosok muda. NasDem, kata dia, juga memiliki banyak stok kader muda berkualitas yang siap disodorkan menjadi calon menteri muda.

"Bagus dong ada generasi muda yang mampu yang punya kompetensi untuk jadi menteri baik dong. Di NasDem ada banyak yang muda," kata Johnny.

Menurutnya, salah satu sosok muda itu ialah Prananda Surya Paloh, Ketua Garda Pemuda NasDem sekaligus anggota DPR. Selain itu, di NasDem juga banyak tokoh muda mumpuni dengan kualifikasi pendidikan tinggi yang baik.

"Ada banyak, ada doktor, ada banyak juga anggota DPR yang muda. Di DPP sana di Garda pemuda ada banyak (bergelar) PhD, PhD," ujar Johnny.

Namun, Partai NasDem sepenuhnya menyerahkan sosok menteri muda sesuai kebutuhan kabinet kepada Presiden Joko Widodo. Langkah merekrut menteri muda, kata Johnny, bagian dari upaya regenerasi politik di eksekutif." Kalau legislatif kami sudah lakukan. Banyak yang muda-muda menjadi anggota DPR dari NasDem," ujar Johnny.

Sementara itu, PKB membeberkan jabatan menteri yang disasar dalam kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Wakil Sekjen PKB Daniel Johan menyebut partainya ingin sedikit mengubah konfigurasi menteri. "Dua hal, pendidikan dan ekonomi masyarakat," kata Daniel.

Di sektor ekonomi, PKB ingin mempertahankan posisi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) yang kini dijabat Eko Putro Sandjojo dan Menteri Ketenagakerjaan yang diemban Hanif Dhakiri. Selain dua pos kementerian tersebut, PKB juga mengincar pos Menteri Pertanian yang diampu Amran Saleh dan posisi Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Zuhairi Misrawi menilai Jokowi tak akan sulit memilih menteri muda. Gagasan kabinet diisi kaum muda relevan dengan kondisi masyarakat saat ini. "Figur yang ada banyak sekali, tinggal Pak Jokowi memilih dari kalangan politik dan di luar politik," ujarnya.

Menurutnya, Indonesia tengah memasuki masa emas. Politikus muda yang eksis saat ini tak bisa dianggap remeh. Kendati demikian, Zuhairi enggan berkomentar soal kandidat muda di PDIP yang berpeluang diangkat Jokowi. Terpenting, PDIP fokus memperjuangkan ideologi Pancasila dan Nawa Cita Jilid II Jokowi. (Pro/Uca/Mir/P-1)

BERITA TERKAIT