24 February 2019, 23:22 WIB

Jokowi akan Perbanyak Beasiswa Pendidikan Digital


Akmal Fauzi |

CALON Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, akan meningkatkan program pendidikan beasiswa digital untuk menunjang startup di Indonesia. Hal itu disampaikan Jokowi saat berpidato di acara Konvensi Rakyat di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2).

“Kami telah memberikan digital talent scholarship untuk sebanyak 1.000 orang di 2018 dan kita targetkan hingga 20.000 orang di 2020 nanti," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan Indonesia memiliki unicorn terbanyak di Asia Tenggara. Unicorn sendiri perusahaan rintisan dengan valuasi lebih US$1 miliar.

Menurutnya, dengan unicorn terbanyak memberi manfaat usaha kecil untuk masuk ke pasar global.

"Indonesia memiliki unicorn terbanyak di Asia Tenggara yang telah memberikan manfaat bagi jutaan usaha kecil untuk masuk pasar nasional regional serta global," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi memastikan seluruh wilayah Indonesia akan tersambung dengan jaringan internet dalam waktu dekat setelah selesainya pembangunan Palapa Ring.

"Sekarang kita hidup di era yang sangat cepat. Saya pastikan seluruh rakyat Indonesia mendapatkan akses intenet yang cepat. Karena kalau tidak kita ini akan ketinggalan jauh," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Optimistis Kerja Keras akan Sejahterakan Seluruh Rakyat

Jaringan internet yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia akan mendorong lahirnya unicorn-unicorn baru di Tanah Air.

Ada yang unik saat Jokowi menyinggung unicorn dalam pidatonya. Saat mendengar kata unicorn, salah seorang relawan Jokowi-Ma'ruf langsung menampakkan balon kuda bertanduk atau kerap yang dikenal unicorn.

Balon unicorn itu pun menjadi pusat perhatian hingga membuat suasana di Ball Room SICC semakin riuh. Istilah unicorn sempat ramai usai debat kedua Pilpres 2019. Kala itu, Jokowi selaku petahana bertanya kepada capres 02 Prabowo Subianto. (OL-3)

BERITA TERKAIT