10 December 2020, 05:45 WIB

Dua Paslon di Rembang Klaim Menangi Pilkada


Akhmad Safuan | Pilkada

DUA pasangan calon (paslon) Kepala Daerah Rembang Harno-Bayu Andriyanto dan Abdul Hafidz-Hanies Cholil Barro sama-sama mengklaim memenangi Pilkada Rembang Rabu malam (9/12).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang belum secara resmi menyelesaikan penghitungan suara pilkada dan mengumumkan hasilnya, namun dua paslon kepala daerah Rembang Harno-Bayu Ardianto dan Abdul Hafidz-Hanies Cholil Barro sama-sama mengklaim menenangi pilkada daerah itu.

Pasangan calon nomor urut 02 Abdul Hafidz-Hanies Cholil Barro bahkan telah mendeklarasikan kemenangannya di Joglo pemenangan paslon tersebut. "Kami telah memenangi pilkada Rembang dengan kemenangan tipis 1,2 persen," kata Ketua Tim Pemenangan Paslon 02 Gus Umam Nursalim.

Berdasarkan hitungan tim nomor urut 02, demikian Gus Umam Nursalim, dari suara sah yang masuk sebanyak 421.617 paslon Abdul Hafidz-Hanies Cholil Barro memperoleh suara 50,6 persen suara dan paslon nomor urut 01 Harno-Bayu Andriyanto memperoleh 49,4 persen suara.

Meskipun belum mendeklarasikan kemenangan seperti dilakukan oleh paslon nomor urut 02, namun klaim kemenangan juga dilakukan oleh paslon nomor urut 01 Harno-Bayu Andriyanto dengan perolehan sementara 51,5 persen suara dari 72,46 persen suara masuk.

"Penghitungan suara berdasarkan plano C1 sampai saat ini kami memenangi pilkada, namun masih menunggu 27 persen suara lagi," ujar Koordinator Data Center Harno-Bayu, Afid Saputro.

Tim pemenangan Harno-Bayu, demikian Afid, tidak terpengaruh atas klaim yang bermunculan dari kubu Abdul Hafidz-Hanies Cholil Barro, karena unggul berdasarkan data yang ditunjukkan Plano C1 yang sudah masuk.

Selain itu juga, ungkap Afid Saputro, klaim kemenangan ini juga sesuai real count sementara yang dipaparkan melalui website resmi KPU hingga pukul 19.55 WIB tadi  hasilnya paslon nomor urut 01 Harno-Bayu mendapat 51,5 persen. (OL-13)

Baca Juga: Sugiri-Lisdyarita Klaim menang di Pilkada Ponorogo

 

BERITA TERKAIT