10 December 2020, 02:00 WIB

Masyarakat Diharap Terima Pemimpin Terpilih


M Yakub |

BUPATI Lamongan, Jawa Timur, Fadeli, mengimbau agar masyarakat menerima siapa pun pemimpin yang terpilih dalam pilkada serentak.

“Apa pun hasilnya, saya harapkan masyarakat bisa menerima dengan baik,” kata Fadeli seusai menggunakan hak pilih di TPS 01 Kelurahan Tlogoanyar, kemarin.

Seusai menggunakan hak pilihnya, Bupati Lamongan bersama Kapolres Lamongan AKB Harun, Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, dan Kajari Lamongan Agus Setiadi selanjutnya melakukan sidak pemantauan ke beberapa TPS di Lamongan.

Menurut dia, Pilkada 2020 yang dilakukan secara serentak ini berjalan dengan aman dan kondusif. “Situasi akan berjalan aman dan kondusif, masyarakat saat ini sudah paham betul tentang demokrasi,” ujar Fadeli.

Menurutnya, antusias masyarakat Lamongan dalam menyukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lamongan cukup bagus.

“Harapan saya setidaknya 75%-80% hak pilih yang disalurkan, memang harapan KPU bisa di atas 77%. Tapi bagi saya, dalam kondisi pandemi dan situasi rawan hidrometeorologi seperti ini, di atas 70% juga sudah bagus”, ungkapnya.

Di tempat terpisah, calon Bupati Barru nomor urut 3 Malkan Amin yang berpasangan dengan Andi Salahiddin Rum, meninggal dunia setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Regional Wahidin Sudirohusodo, kemarin, pukul 11.30 Wita, karena terinfeksi covid-19.

Tidak diketahui sejak kapan pria berusia 72 tahun itu mulai terkonfi rmasi terinfeksi covid- 19. Namun, dari catatan pihak rumah sakit terlihat Malkan Amin baru masuk rumah sakit di hari yang sama.

Sebelumnya, Malkan Amin tidak menghadiri debat kandidat terakhir calon Bupati dan Wakil Bupati Barru karena dia menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barru sebagai penyelenggara tidak netral.

“Iya, Pak Malkan sudah berpulang. Itu saya pastikan saat menelepon Ketua DPRD Sulsel Ina Kartika yang selama ini aktif bersama beliau, bahkan minggu terakhir kampanye, ia masih bersama,” seru Rahman Pina, anggota DPRD Sulsel dari Partai Golkar.

Sebelumnya, dua calon kepala daerah di Sulsel terkonfirmasi positif saat penetapan calon. Mereka ialah calon Bupati Luwu Utara Arsyad Kasmad dan calon Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam. (YK/LN/P-5)

BERITA TERKAIT