03 December 2020, 16:20 WIB

Survei Pilwakot Makassar Terakhir Hasilnya Dinamis


Lina Herlina |

HARI pencoblosan Pilkada Kota Makassar tinggal sepekan lagi. Dari survei Celebes Research Center (CRC) yang dilakukannya 23-28 November lalu dengan mengambil 1.000 sampel secara multistage random di 15 kecamatan dan 153 kelurahan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan hasilnya dinamis.

Dari survei cepat yang dilakukan itu, jelas Manajer Riset CRC Muhammad Nurhidyat, ada dua pertanyaan yang ditanyakan kepada responden, yaitu, "seandainya pemilihan langsung Wali Kota Makassar dilakukan hari ini, siapa yang akan dipilih? Dan Seberapa besar kemungkinan pindah pilihan."

Hasilnya 45,9 persen memilih pasangan nomor urut 1 Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Adama) disusul pasangan Munafri Arifuddi-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman) 35,2 persen, lalu pasangan nomor 3 Syamsyu Rizal-Fadli Ananda (Dilan) 9,6 persen dan paling buncit pasangan Irman Yasin Limpo-Andi Muh Zunnun NH (Imun) 6,6 persen.

"Dari survei tersebut, yang mengalami penurunan hanya satu calon, yaitu Syamsu Rizal-Fadli Ananda. Jika dibandingakan survei yang dilakukan September lalu. Saat itu elektabilitasnya ada pada angka 14 persen. Kalau kami lihat itu kemungkinan tergerus oleh pasangan Appi-Rahman yang surveinya naik dari 23,5 persen jadi 35,2 persen," ungkap Nurhidayat, Kamis (3/12).

Peningkatan hasil survei terhadap pasangam calon lanjutnya, bisa saja karena pasangan calon lebih massif melakukan sosialisasi di semua titik, dan mengambil basis massa lawan.

Sementara itu, dari survei itu juga terlihat, meski swing voter rendah diangka 2,7 persen, tapi ada 19,2 persen yang masih mungkin mengubah pilihan saat hari pemilihan. Termasuk juga tidak memberi jawaban akan memilih siapa.

Meski surveinya unggul, Danny Pomanto tetap enggan sesumbar. Bagi dia, survei itu hanya jalan saja menuju kemenangan. "Jangan juga hanya melihat satu lembaga survei saja, karena kami juga ada lembaga survei sediri. Kami juga telah melakukan survei memang hasilnya beda, tapi kami tetap unggul," ungkapnya yang tidak mau menyebut angka pastinya.

Sementara itu, Ketua tim pemenagan pasangan Dilan, Ilham Arief Sirajuddin dengan santai menanggapi hasil survei yang menunjukkan performa kandidatnya merosot. "Biarkan mereka sibuk dengan survei. Tapi Insya Allah kami punya strategi satu minggu ini," singkatnya.

Sebelumnya, Tiga Roda Konsultan merilis jika pasangan Appi-Rahman unggul 0,4 persen dari pasangan Danny-Fatma dengan elektabilata 33,6 dan 33,2 persen. Sementara pasangan Dilan hanya 10,7 persen dan Imun 3,8 persen. (OL-13)

Baca Juga: Kuasa Hukum: Ada Keanehan dalam Penangkapan Ustaz Maaher

BERITA TERKAIT