02 December 2020, 14:55 WIB

Pengamat: Temuan BPK, Petahana Pakai Dana Bansos untuk Kampanye


mediaindonesia.com | Pilkada

PENGAMAT ekonomi politik Indonesia, Ichsanuddin Noorsy menyebutkan bahwa ada temuan BPK yang menyebutkan petahana di provinsi menggunakan dana bantuan sosial pemerintah pusat sebagai alat kampanye.

"BPK menemukan selama yang namanya musim pilkada, hampir banyak alokasi anggaran bansos dipakai dalam rangka kampanye petahana," kata Ichsanuddin kepada wartawan pada acara diskusi di Jakarta, kemarin

Ichsanuddin menjelaskan, salah satu dana bansos tunai yang sudah disiapkan pemerintah pusat, namun dipakai kampanye oleh petahana adalah adalah bagi – bagi Bansos.

"Jadi BPK menemukan di musim pilkada data dana bansos termasuk dalam hal ini dana bansos, dipakai dalam rangka kampanye petahana. Nah itu,” terang Ichsanuddin.

Ichsanuddin bahkan menyebutkan, semua yang terkait bantuan sosial, berdasarkan temuan BPK, digunakan oleh petahana untuk kampanye.

Dia menegaskan, bahwa BLT saat ini digunakan oleh petahana untuk berkampanye di hampir semua daerah yang petahananya mencalonkan diri kembali. Salah satunya adalah di Kalimantan Tengah 2020 ini.

“Jadi BLT dipakai sarana untuk berkampanye, gitu,” tutup Ichsanuddin. (OL-13)

Baca Juga: BI Tiadakan Kegiatan Operasional pada Pilkada 2020

BERITA TERKAIT