28 May 2023, 20:42 WIB

Produsen Motor Listrik Ini Berinovasi dengan Pergantian Baterai Cepat


Media Indonesia |

GOEASY Smart Technology, produsen kendaraan listrik GoEasy dari Tiongkok, memperkenalkan produk motor listrik dan kabinet penukar baterai motor listrik yang memungkinkan pengemudi menukar baterai dengan cepat dalam tujuh detik.

Dengan kabinet penukar baterai Go Easy, pengemudi dapat terus mengendarai kendaraan, tanpa khawatir kehabisan daya.

Direktur Goeasy Smart Technology, Xuelong Wang, mengatakan, GoEasy mengintegrasikan riset, pengembangan dan manufaktur yang fokus pada pengembangan paket baterai EV dan lithium. 

Baca juga: Lengkapi Gaya Hidup Modern, Motor Listrik Alva Cervo Resmi Diluncurkan

Dari proses pengembangan dan manufaktur, serta pengalaman panjang di Tiongkok dan India, pihaknya memperkenalkan produk motor listrik bernilai ekonomis yang memudahkan pemakainya, khususnya dalam penggunaan dan penggantian baterai saat dalam perjalanan.

"Kami menawarkan banyak keuntungan kepada konsumen. Pertama, konsumen bisa membeli unit motor listrik saja tanpa baterai dengan harga spesial," ujar Wang, Minggu (28/5/2023) dalam keterangannya.

Motor Listrik GoEasy Hadir di INAPA 2023 di JIExpo Kemayoran 

Ia juga menjadi pembicara di sesi diskusi interaktif bertajuk "Exploring New Battery Technologies And Battery Management Systems", di acara Indonesia International Trade Show for Automotive Industry (INAPA) 2023, di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Selain Wang, diskusi tersebut menghadirkan pembicara Evvy Kartini yang merupakan Founder National Battery Research Institute (NBRI).

"Kami berharap bisa menjadi bagian pertumbuhan ekonomi di Indonesia. GoEasy membuka peluang kerjasama dengan para pemangku kepentingan termasuk pemerintah, pengelola dan pelaku usaha transportasi online, serta kelompok usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia," papar Wang.

Baca juga: Sepeda Motor Listrik untuk Operasional Dimanfaatkan MUFG Bank

"Bersama-sama kita bisa mendorong masyarakat ambil bagian dalam transisi energi," ujar Wang sambil memperlihatkan battery swap system, yang rencananya akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Dalam diskusi tersebut, Xuelong Wang dan Evvy Kartini sepakat bahwa peralihan dari kendaraan konvensional ke kendaraan elektrik memiliki banyak manfaat, terutama dari sisi ekonomi. Selain ramah lingkungan, kendaraan listrik bisa menekan biaya bahan bakar.

Harga Motor Listrik Jauh Lebih Murah

"Dengan perhitungan secara umum, motor listrik memiliki angka jauh lebih murah jika dibandingkan dengan motor dengan bahan bakar bensin. Perawatannya juga relatif lebih mudah," jelas Wang.

Baca juga: Touring Jakarta – Bali, Motor Listrik United E-Motor TX3000 Terbukti Sangat Hemat

Menurutnya, GoEasy siap membuka showroom dengan konsep COCO (company owned company operated) di Jakarta sekaligus mengedukasi masyarakat tentang berbagai manfaat kendaraan listrik, seperti efisiensi, hemat biaya, dan ramah lingkungan.

"Sehingga akan membawa perubahan signifikan dalam menekan jumlah emisi karbon di Indonesia. Dengan teknologi yang dimiliki, GoEasy mendukung Pemerintah Indonesia mencapai target Net Zero Emission tahun 2060," pungkasnya. (RO/S-4)

BERITA TERKAIT