05 December 2022, 22:49 WIB

Charged Ajak Media Kunjungi Pabrik Perakitan Motor Listriknya


Mediaindonesia.com |

PT Industri Charged Mobilitas (Charged) mengundang sejumlah media untuk memperkenalkan Giga Shed, yaitu pabrik perakitan sepeda motor listrik Charged yang berlokasi di Cikupa Mas Industrial Estate, Cikupa, Tangerang, Banten, pada Senin (5/12). 

Di sela-sela acara, Chief Commercial Officer Charged Stephanus Widi menjelaskan bahwa Giga Shed memiliki kapasitas produksi maksimum per tahun sebanyak 230 ribu unit. Kapasitas tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan ke depannya.

"Saat ini kami produksi mulai dari very low dulu, yaitu sebanyak 20 unit per hari, baru nanti yang maksimal. Karena yang maksimalnya setiap empat menit keluar satu motor," ujar Stephanus, Senin (5/12).

Stephanus menambahkan bahwa perusahaannya didukung penuh oleh produsen sepeda motor listrik VMoto Soco Group untuk merakit tiga model yang saat ini ditawarkan, yaitu Charged Anoa, Maleo dan Rimau. Ia juga menambahkan bahwa ketiga model ini ditawarkan kepada konsumen dengan skema subscription alias berlangganan.

Skema tersebut menurutnya, adalah untuk mempermudah konsumen menikmati manfaat kendaraan listrik tanpa harus dibebani dengan permasalahan maintenance, baterai, mencari bengkel, dan permasalahan kendaraan listrik lainnya. Belum lagi masalah kepemilikan kendaraan listrik punya hambatan dari sisi harga.

"Jadi lewat skema langganan ini, kami sudah menyiapkan berbagai layanannya sehingga masyarakat bisa menggunakan motor listrik tanpa khawatir dengan baterai dan perawatan motornya. Pelanggan tinggal telepon selama 24 jam penuh, kami akan muncul ke lokasi di mana konsumen mengalami masalah," ujar Stephanus. 

Bahkan menurut, Stephanus, para pelanggan Charged bisa menganti model kendaraan dalam periode tertentu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan, atau sekadar untuk mencoba merasakan model Charged lainnya. Skema berlangganan yang ditawarkan berupa periode 6, 9, hingga 12 bulan dengan biaya berlangganan Rp1.650.000/bulan.

100% Energi Surya

Sebagai fasilitas perakitan kendaraan bebas emisi, Giga Shed juga beroperasi menggunakan sumber listrik yang sepenuhnya berasal dari energi surya yang ditangkap melalui solar panel berkapasitas 150 kW yang terdapat pada bagian atap pabrik yang kemudian ditampung pada baterai berkapasitas 600 kW.

Saat kondisi mendung dimana sinar matahari kadang tertutup awan, listrik yang tersimpan dalam baterai mampu memberikan daya untuk menjalankan pabrik selama tiga hari untuk durasi 8 jam operasional. Bila kondisi baterai menyusut hingga 20%, maka sistem secara otomatis menghidupkan genset untuk mengisi baterai kembali sekaligus menyuplai kebutuhan pabrik. (S-4)

BERITA TERKAIT