01 December 2022, 00:23 WIB

Mengintip Fasilitas Pembelajaran dan Pengembangan Elektrifikasi xEV Center Toyota


Mediaindonesia.com |

SEHARI jelang acara National Seminar 100 Years of Indonesia Automotive Industry Realizing Indonesia Net Zero Emission yang digelar di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kembali mengajak sejumlah media untuk mengunjungi xEV Center yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat, Rabu (30/11).

xEV Center merupakan fasilitas pembelajaran dan pengembangan kendaraan elektrifikasi, serta energi hijau yang dimilikioleh TMMIN yang diresmikan di pertengahan 2022. Di dalamnya terdapat berbagai informasi lengkap dan terupdate terkait teknologi kendaraan-kendaraan elektrifikasi (xEV), mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), hingga Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). 

Memasuki bangunan berdesain modern itu, awak media disambut berbagai informasi yang tersaji pada wallchart yang menyajikan keterangan secara komprehensif seputar teknologi elektrifikasi kendaraan, termasuk ekosistemnya. Untuk mempermudah pengunjung memahami rangkaian informasi terkait elektrifikasi, pemaparannya dibagi dalam beberapa zona yang disusun secara berurutan. Rombongan tur media kali ini dipandu oleh Corporate Public Relations TMMIN Natasya Natalia.

Zona pertama
Zona ini berisikan informasi terkait kondisi lingkungan secara global, termasuk Paris Agreement yang menjadi dasar target nasional mencapai netralitas karbon. Zona ini juga menjelaskan Roadmap Energy di Indonesia dalam mendukung upaya mewujudkan lingkungan yang lebih hijau, serta partisipasi aktif dalam Toyota Environmental Challenge 2050.

Zona kedua
Zona ini memaparkan perbedaan prinsip kerja berbagai kendaraan xEV  (PHEV, BEV, hingga FCEV), dilanjutkan dengan klasifikasi kendaraan (ICE, HEV, PHEV, BEV, dan FCEV) lengkap dengan diagram keterangan komponen utama dan informasi lainnya. Ada juga diagram 'Multi-Pathway' Toyota untuk pengembangan xEV.

Zona ketiga
Pada zona ini penjelasan mengenai konsep Well to Wheel Emission yang mudah dipahami. Ekosistem xEV, beragam tipe charger, beragam sumber energi dan sistem penyimpanan energi, siklus hidup kendaraan dan baterai 3R (rebuild, reuse, recycle), penggunaan listrik rumah untuk kendraan listrik, hingga penggunaan kendaraan listrik untuk listrik rumah.

Zona keempat
Adalah zona terakhir di xEV Center, berisi rangkuman kegiatan Toyota Indonesia bersama unsur Pemerintah dan Akademisi dalam mewujudkan transformasi menuju era elektrifikasi.

Kedepannya, xEV Center akan melengkapi fasilitasnya sebagai Toyota Capability Center melalui perluasan area Eco-Renewable Energy and Research, yang akan dilanjutkan dengan area Mobility. Fokus utama bagi elektrifikasi teknologi di tahap pertama, pada energi terbarukan. Ini akan menjadi target TMMIN di fase kedua pembangunan xEV Center, sementara Mobility akan menjadi fokus di fase ketiga. (S-4)

BERITA TERKAIT