25 October 2022, 21:56 WIB

AHM Rilis Honda Monkey Warna Baru


RO |

HONDA Monkey merupakan salah satu model sepeda motor ikonik yang pertama kali hadir pada 1961. Mengulangi kesuksesan model ini, PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan Honda Monkey dengan sentuhan baru.

Mengusung konsep produk Iconic-Fun Bike, Honda Monkey tetap mempertahankan desain klasik yang menonjol dari ukuran bodi yang kompak. Penyegaran terbaru disematkan pada corak warna jok dan paduan warna pada rangka.

Klasik hadir dengan penggunaan pattern jok bergaris kotak yang terdiri dari kombinasi tiga warna, yang mengingatkan nuansa Monkey era 1967. Pattern jok kombinasi warna merah, putih, dan hitam disandingkan pada Monkey warna Pearl Nebula Red, sedangkan pattern jok warna hitam, putih, dan abu-abu dipasangkan dengan Monkey warna Banana Yellow dan Pearl Shining Black.  

Warna rangka dibuat senada pada bagian swingarm, garpu depan, serta sokbreker belakang. Pada bagian tangki mendapat penyesuaian kombinasi warna yang lebih netral, antara putih atau silver.  

”Komunitas pecinta sepeda motor yang menjadikan berkendara sebagai bagian dari gaya hidup semakin berkembang. Kehadiran Honda Monkey menjadi pilihan bagi mereka, terutama pengendara yang menginginkan sepeda motor berdesain tak lekang oleh waktu sebagai bagian dari cara mereka mengekspresikan diri,” ujar Marketing Director AHM Thomas Wijaya, Selasa (25/10).

Meskipun menonjolkan kesan klasik, Honda Monkey baru mengusung teknologi modern, seperti panelmeter digital full LCD berbentuk bulat, dan lampu berteknologi LED. Pada bagian anak kunci terdapat motif logo Classic Wing dan telah menggunakan teknologi answer back system untuk memudahkan mencari sepeda motor bagi pengendaranya.  

Honda Monkey memiliki tangki BBM berukuran 5,6 liter yang diposisikan diletakkan di atas mesin dan dilengkapi dengan emblem logo Old Wing 3D, memperkuat kesan legendaris sepeda motor ini. Desain ikonik berbalut warna krom juga disematkan pada sepatbor depan dan belakang, penutup knalpot, spion dan juga setang.

Sumber tenaganya berasal dari mesin silinder tunggal SOHC 125 cc 4 tingkat percepatan. Mesin yang memiliki diameter dan panjang langkah 50 x 63,1 dengan rasio kompresi 10:1 ini, didukung teknologi pengabutan bahan bakar PGM-FI. Alhasil mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 9,4 hp pada 6.750 rpm dan torsi puncak 11Nm pada 5.500 rpm.  

Sepeda motor berbobot 104 kg ini memiliki jarak sumbu roda 1.145 mm dengan ketinggian jok 775 mm dari permukaan tanah, sedangkan ground clearance maksimalnya adalah 175 mm.

 Sentuhan modern juga hadir pada suspensi depan model upside-down dipadu dengan suspensi belakang ganda. Bagian rem juga seluruhnya menggunakan rem cakram. Cakram depan berdiameter 220 mm dan cakram belakang berdiameter 190 mm.  

Sistem rem juga didukung ABS satu channel dengan Inertial Measurement Unit (IMU), mencegah ban belakang terangkat saat pengereman mendadak. Sedangkan roda-rodanya menggunakan pelek berdiameter 12 inci dibalut ban depan berdimensi 120/80 dan ban belakang 130/80.  

Honda Monkey dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp82.533.000.  

BERITA TERKAIT